Budi Arie Setiadi Di laporkan Ketum Projo Ganjar ke Ombudsman, Prihal Penyalahgunaan Jabatan

2 min read

Budi Arie Setiadi Di laporkan Ketum Projo Ganjar ke Ombudsman, Prihal Penyalahgunaan Jabatan

Budi Arie Setiadi Di laporkan Ketum Projo Ganjar ke Ombudsman, Prihal Penyalahgunaan Jabatan Jakarta – Ketua Umum Projo Ganjar Haposan Situmorang melaporkan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi ke Ombudsman atas dugaan penyalahgunaan jabatan. Haposan menilai Budi menyalahgunakan kewenangannya sebagai menteri karena secara terang-terangan mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

“Sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika dia mengarahkan orang untuk mendukung Prabowo atau Gibran. Itu kan melanggar jabatannya. Atas tindakan itu kita laporkan dia ke Ombudsman,” kata , kepada Tempo, Kamis malam, 2 Novemeber 2023.

Menurut Haposan, langkah Budi secara terangan-terangan mendukung Prabowo sebagai penyalahgunaan kewenangan. Menurut dia, pernyataan mendukung salah satu figur hanya boleh dilakukan jika Budi adalah pemimpin partai politik.

“Kita lihat dia mengadakan deklarasi, mengarahkan orang, menyatakan diri mendukung Prabowo. Dia kan sebagai menteri, itu bertentangan,” kata Haposan.”Dia pejabat negara, bukan pimpinan partai politik.”

Projo versi Budi Arie deklarasikan dukungan ke Prabowo

Budi Arie Setiadi adalah Ketua Umum Projo yang mendukung Prabowo Subianto. Deklarasi dukungan Projo itu dilakukan saat Rapat Kerja Nasional Pro Jokowi atau Projo di Indonesia Arena, kompleks Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu, 14 Oktober lalu.

“Dari pandangan teman-teman Projo yang kami serap, sepakat mendukung Pak Prabowo,” kata Budi saat itu.

Budi dan kelompoknya pun sempat menyambangi kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan saat itu. Dalam kesempatan itu, dia pun langsung mendeklarasikan dukungannya kepada Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

“Kami optimistis Pak Prabowo Subianto akan menjadi Presiden Republik Indonesia melanjutkan kerja-kerja yang sudah dicanangkan, diwujudkan oleh Bapak Joko Widodo,” ujar Budi, Ahad, 15 Oktober 2023.

Haposan melalui kuasa hukumnya, Soefianto Soetono dan Endang Sulas Setiawan melaporkan Budi ke Ombudsman pada 27 Oktober lalu. Kepala Keasistenan Bidang Pengaduan Masyarakat Ombudsman Patnuaji Agus Indarto, membenarkan adanya laporan tersebut.

Menurut Patnuaji, Ombudsman perlu melakukan verifikasi formil dan materil untuk dilanjutkan ke tahap pemeriksaan. “Jika syarat formil dan materi sudah terpenuhi, kami akan usulkan ke pimpinan untuk bisa diteruskan ke tahap pemeriksaan,” kata Patnuaji, melalui aplikasi perpesanan, Kamis malam, 2 November 2023.

Budi Arie Setiadi menjabat sebagai Menkominfo sejak 17 Juli 2023. Presiden Jokowi menunjuknya sebagai pengganti Johnny G. Plate yang terjerat dalam kasus korupsi pembangunan Base Transciever Station (BTS) 4G.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours