5 Pembaharuan Perang Gaza: AS Lobi Irak- Israel Ancam Gunakan Nuklir

3 min read

5 Pembaharuan Perang Gaza: AS Lobi Irak- Israel Ancam Gunakan Nuklir

5 Pembaharuan Perang Gaza: AS Lobi Irak– Israel Ancam Gunakan Nuklir Jakarta,- Pertempuran berkobar di Gaza pada minggu kelima semenjak militan Hamas menyerbu perbatasan Israel serta, bagi para pejabat Israel, membunuh lebih dari 1. 400 orang, sebagian besar masyarakat sipil, serta menculik lebih dari 240 yang lain.

Semenjak itu, Israel tanpa henti membombardir Jalan Gaza serta mengirimkan pasukan darat, serta departemen kesehatan di daerah Palestina yang dipahami Hamas berkata 9. 770 orang sudah terbunuh, dekat 2 pertiganya merupakan perempuan serta kanak- kanak.

Berikut merupakan pertumbuhan terbaru perang antara Israel serta Hamas, sebagaimana dilansir dari AFP, Senin( 6/ 11/ 2023).

Gaza Terbelah Dua

Tentara Israel pada Pekan berkata serbuan daratnya di Jalan Gaza sudah membagi daerah Palestina jadi 2, serta serbuan” signifikan” terus bersinambung dalam perang melawan Hamas.

Pasukan Israel” sudah mengepung Kota Gaza… Saat ini ada Gaza selatan serta Gaza utara,” kata juru bicara militer Daniel Hagari.

Pemerintah Hamas di Gaza memberi tahu” pengeboman hebat” pada Pekan malam di dekat sebagian rumah sakit di utara Jalan Gaza, tidak lama sehabis telekomunikasi terputus buat ketiga kalinya.

Departemen Kesehatan berkata lebih dari 30 orang tewas kala Israel mengebom kamp pengungsi Al- Maghazi di Gaza tengah pada Sabtu malam.

Seseorang juru bicara militer Israel berkata mereka lagi menyelidiki apakah pasukannya lagi beroperasi di wilayah tersebut pada dikala itu.

Utusan AS Temui Pemimpin Arab

Menteri Luar Negara AS Antony Blinken melaksanakan kunjungan tiba- tiba pada Pekan ke Baghdad di mana dia berjumpa dengan Perdana Menteri Mohamed Shia al- Sudani buat mangulas resiko eskalasi perang Israel dengan Hamas.

Kunjungan tersebut terjalin di tengah serbuan roket serta pesawat tidak berawak yang menargetkan pangkalan Irak di mana pasukan Amerika dikerahkan.

Lebih dahulu, Blinken terletak di Tepi Barat yang diduduki Israel buat berjumpa dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, yang mengancam” genosida” Israel di Jalan Gaza di tengah perangnya terhadap militan Hamas di situ.

Dia pula mendatangi Siprus serta berjumpa dengan Presiden Nikos Christodoulides buat mangulas mungkin koridor dorongan maritim dari pulau itu ke Gaza.

Lebanon serta Israel Memanas

4 saudara seseorang jurnalis tewas pada Pekan dalam serbuan Israel di Lebanon selatan, kata kantor kabar formal Lebanon, serta meningkatkan kalau jurnalis tersebut pula terluka.

Tidak lama sehabis itu, gerakan Hizbullah yang kokoh di Lebanon berkata grupnya menembakkan roket Katyusha ke kota Kiryat Shmona di Israel utara selaku asumsi atas” kejahatan keji” ini.

Militer Israel berkata pada Pekan malam kalau satu masyarakat sipil tewas dalam serbuan Hizbullah.

Gempar Bom Nuklir Israel

Pemerintah Israel pada hari Pekan menegur seseorang menteri muda ultranasionalis yang dalam suatu wawancara menyarankan menjatuhkan bom nuklir di Gaza yang dilanda perang, serta menyebut komentarnya” tidak cocok dengan realitas”.

Menteri Peninggalan Budaya Amichay Eliyahu pula diskors dari pertemuan pemerintah” hingga pemberitahuan lebih lanjut”, kata kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, menekankan kalau Israel berupaya buat menyelamatkan” non- kombatan”.

Evakuasi Gaza Kembali Dihentikan

Pemerintah Hamas di Gaza menghentikan evakuasi pemegang paspor asing ke Mesir buat hari kedua berturut- turut pada Pekan sehabis Israel menolak mengizinkan sebagian masyarakat Palestina yang terluka buat dievakuasi, kata para pejabat Mesir serta Palestina.

Gedung Putih berkata pada Pekan lebih dari 300 orang Amerika, penduduk Amerika, serta keluarga mereka sudah dievakuasi dari Gaza pada hari- hari lebih dahulu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours