Rakyat Gaza Emoh Diperintah Presiden Palestina Mahmoud Abbas

3 min read

Rakyat Gaza Emoh Diperintah Presiden Palestina Mahmoud Abbas

Rakyat Gaza Emoh Diperintah Presiden Palestina Mahmoud Abbas Masyarakat Palestina yang melarikan diri dari Gaza utara berjalan mengarah selatan, di tengah konflik yang lagi berlangsung antara Israel serta kelompok Islam Palestina Hamas, di Jalan Gaza tengah, 9 November 2023. REUTERS/ Mohammed Salem Jakarta- Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berkata kalau Israel hendak mengendalikan keamanan di Jalan Gaza buat jangka waktu yang tidak terbatas sehabis perang usai. Pendapat Netanyahu pada Senin, 6 November 2023, timbul di tengah perdebatan tentang semacam apa Gaza sehabis perang. Israel serta sekutu terbesarnya, Amerika Serikat, bersikeras kalau Hamas yang dikala ini berkuasa di Gaza, tidak boleh dibiarkan terus memahami daerah tersebut.

 

Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas menyerukan gencatan senjata di Jalan Gaza pada hari Pekan. Ini mengindikasikan kalau pemerintah Palestina hendak bersedia kembali ke wilayah kantong yang terkepung itu selaku bagian dari penyelesaian politik di masa depan.“ Kami hendak seluruhnya memikul tanggung jawab kami dalam kerangka pemecahan politik komprehensif yang mencakup segala Tepi Barat( yang diduduki), tercantum Yerusalem Timur serta Jalan Gaza,” kata Abbas. Tetapi Abbas tidak didukung oleh beberapa penduduk di Gaza. Muhammad, 25 tahun, salah satunya.

 

Muhammad berkata pengambilalihan Gaza oleh Otoritas Palestina tidaklah pemecahan yang hendak diterima ataupun didukung oleh warga.” Aku menolaknya sebab aku dapat memandang apa yang terjalin di Tepi Barat yang terletak di dasar kendali PA( otoritas Palestina),” katanya dikutip dari Angkatan laut(AL) Jazeera. Otoritas Palestina tidak mengganti apa juga di lapangan.” Inilah sebabnya kenapa pemerintahannya tidak hendak menguntungkan Gaza dengan metode apapun. Aku menunjang pemerintahan persatuan nasional( tercantum Hamas, Fatah serta faksi Palestina yang lain),” katanya. Kamal, 53 tahun, menyuarakan perihal senada. Ia berkata Otoritas Palestina tidak hendak melindungi Gaza serta apalagi kesekian kali berpartisipasi dalam pengepungan serta menindas rakyat Gaza.” Seluruh sebab perselisihan mereka dengan Hamas. Kami tidak yakin perihal ini dapat adil di Gaza,” katanya.

 

” Presiden senantiasa membagikan pidato- pidato yang membicarakan tentang Gaza serta tanggung jawabnya terhadapnya, tetapi ia tidak melaksanakan apa yang ia katakan,” ucap Kamal. Pada Kamis, 9 November 2023, perang antara Israel serta Gamas makin sengit. Tentara Israel bergerak mengarah pusat kota Gaza. Perang antara Israel Hamas terjalin di antara reruntuhan bangunan di utara Jalan Gaza pada Kamis, di dekat 2 rumah sakit besar. Ribuan masyarakat Palestina melarikan diri dari daerah utara ke selatan lewat jalan garis depan yang beresiko sehabis Israel memohon mereka buat mengungsi.

 

Tetapi banyak dari mereka yang tinggal di daerah utara, berjejalan di Rumah Sakit Angkatan laut(AL) Shifa serta Rumah Sakit al- Quds kala pertempuran darat berkecamuk. Terus menjadi banyak serbuan hawa Israel yang dilancarkan. Rakyat Gaza berlindung di tenda- tenda di taman rumah sakit. Mereka berkata tidak memiliki tempat lain buat berangkat. Kantor kemanusiaan PBB, OCHA, berkata Israel kembali memohon penduduk di utara buat pindah ke selatan. PBB membuka koridor 4 jam sepanjang 5 hari berturut- turut. Dekat 50. 000 orang meninggalkan wilayah itu pada hari Rabu.

 

Bentrokan serta penembakan di dekat jalur utama terus bersinambung, kata OCHA, sehingga membahayakan pengungsi. Mayat- mayat tergeletak di pinggir jalur. Sebagian besar pengungsi berjalan kaki sebab militer Israel memerintahkan mereka buat meninggalkan kendaraan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours