Media Asing Sorot Pilpres RI, Singgung Capres Ini

3 min read

Media Asing Sorot Pilpres RI, Singgung Capres Ini

Media Asing Sorot Pilpres RI, Singgung Capres Ini Jakarta Media asing menyoroti lagi pemilihan presiden( pilpres) RI. Tercantum media Singapore, Channel News Asia( CNA). Dalam analisis spesialnya, media tersebut menyinggung calon presidennya( capres) Prabowo Subianto. Postingan spesial terbuat dengan judul” Analysis: Indonesian presidential frontrunner Prabowo strikes China- friendly tone, but knows Jakarta still needs Washington” Tulisan itu menyoroti gimana kebijakan luar negara Prabowo ke depan bila terpilih manjado presiden di pilares 2024. Tercantum apakah Cina hendak masih mendominasi serta gimana letaknya dengan Amerika Serikat( AS).

 

CNA mewartakan gimana Prabowo mengantarkan nada bersahabat dengan Cina di suatu forum pekan kemudian. Walaupun begitu, dirinya menegaskan RI tidak hendak bergabung dengan blok kekuatan mana juga bila dia memenangkan pemilu tahun depan.

 

” Aku mengagumi serta mengakui keberhasilan para pemimpin Cina dalam memberantas kemiskinan. Para pemimpin Cina menggapai suatu yang sangat sangat jarang dalam sejarah manusia,” kutip media itu muat perkataan capres no urut 2 tersebut, dalam suatu kegiatan lembaga lokal Center for Strategic and International Studies( CSIS) Senin minggu kemudian, dilansir Rabu( 22/ 11/ 2023).

 

” Mereka mengangkut 700 juta orang keluar dari kemiskinan dalam satu generasi, dalam 40 tahun. Itu ialah pencapaian nyata… Namun bukan berarti kita dapat meniru tata cara mereka. Bisa jadi metode mereka tidak selaras dengan budaya kita. Jadi, kita wajib membiasakan,” tulis CNA muat statment Prabowo. Perihal ini juga dianalisis oleh media tersebut dengan mengutip beberapa ahli. Di satu sisi Prabowo dikatakan masih hendak bekerja sama dengan Cina apabila terpilih selaku presiden di 2024.

 

” Aku pikir menarik investasi( Cina) bisa jadi masih jadi prioritasnya,” muatnya Ahli ikatan internasional dari CSIS, Lina Alexandra.

Walaupun begitu, Prabowo dalam analisis itu, dikatakan tidak hendak berpaling dari rival Cina, AS. Terlebih AS masih jadi mitra utama untuk Indonesia, spesialnya di bidang pertahanan. ” Selaku mantan jenderal, Pak Prabowo pula sangat tertarik, dari sudut pandang militer, buat memperoleh lebih banyak khasiat dari AS, dalam perihal pasokan”, kata Lina masih dilansir media itu.

 

Media itu juga menarangkan kenyataan gimana Prabowo memanglah sejalan dengan Jokowi. Dikatakan gimana RI sudah menandatangani perjanjian kerja sama pertahanan baru dengan AS, pekan kemudian, dikala Jokowi bertandang ke Paman Sam.

 

” Kenyataannya, sebagian jam sehabis pidato CSIS di Jakarta, Presiden Widodo berjumpa dengan timpalannya dari AS Joe Biden di Washington, di mana kedua belah pihak setuju buat menguatkan kerja sama pertahanan,” memuat media itu. ” Mereka bermaksud buat menandatangani perjanjian kerja sama pertahanan baru di bidang siber, medis militer, luar angkasa, serta latihan gabungan, dan bidang- bidang yang lain,” tambahnya. ” Indonesia serta Amerika pula tingkatkan ikatan mereka ke kemitraan strategis yang komprehensif,” ucapnya.

 

Mengingat perihal ini, media itu juga menulis kalau mungkin besar Prabowo tidak hendak mengganti kebijakan luar negara Indonesia secara signifikan. Ahli lain pula dilansir buat menunjang argumentasi itu. ” Aku percaya Prabowo ketahui kalau AS masih berarti. Itu… masih no satu. Jadi, ia tidak hendak ketinggalan bila terpilih,” tulis media tersebut mengutip ahli ikatan internasional Asra Virgianita dari Universitas Indonesia( UI). ” Banyak kerja sama pertahanan dengan AS yang terjalin pada masa dia… Kedua negeri mengadakan latihan maritim bersama yang diucap Cooperation Afloat Readiness and Training( CARAT) pada bulan Desember tahun kemudian,” memuat media itu lagi mengutip narasumber yang sama.

 

Pilpres sendiri hendak dicoba 14 Februari. Prabowo jadi capres dengan mendapuk putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, selaku cawapres.

 

Tidak hanya Prabowo, ada 2 capres lain dalam pilpres ialah Anies Baswedan, yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar( Cak Imin) serta Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan Mahfud MD. Tiap- tiap mempunyai no urut satu( 1) serta 3( 3).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours