Analisis BMKG soal Gempa Bumi M 5,7 di Laut Banda

2 min read

Analisis BMKG soal Gempa Bumi M 5,7 di Laut Banda beritaokewla.com (goodnews) – Laut Banda, Kepulauan Maluku, diguncang gempa tektonik pada Sabtu (2/12/223) pukul 19.01.02 WIB. Menurut analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,7. Adapun episenternya terletak pada koordinat 7,13° LS ; 129,81° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 183 Km arah Barat Laut Tanimbar, Maluku Barat Daya, Maluku pada kedalaman 150 km. Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi tersebut termasuk gempa bumi menengah akibat adanya deformasi batuan dalam slab lempeng subduksi Banda.

Analisis BMKG soal Gempa Bumi M 5,7 di Laut Banda

Hasil analisis mekanisme sumber juga menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust). Hingga pukul 19.24 WIB, hasil pemantauan BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

 

Sebelum kembali ke rumah, periksa dan pastikan bangunan hunian cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari beritaokewla.com. Mari bergabung di Grup Telegram “beritaokewla.com News Update”, caranya klik link https://beritaokewla.com/, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours