Tambang RI Punya Potensi 2 Miliar Ton Emas, Siapa Pemiliknya?

2 min read

Tambang RI Memiliki Kemampuan 2 Miliyar Ton Emas, Siapa Pemiliknya? Jakarta, Beritaokewla.com Indonesia- Sumber energi mineral berbentuk emas serta tembaga yang terindikasi sebesar 2 miliyar ton ditemui di tambang Onto, Kecamatan Huu, Kabupaten Dompu, NTB.

Koordinator Mineral Pusat Sumber Energi Mineral Batu Bara serta Panas Bumi Tubuh Geologi Departemen ESDM Moehammad Awaluddin berkata, kemampuan sumber energi mineral tersebut ditemui oleh PT Sumbawa Timur Mining( PT STM).

Tambang RI Punya Potensi 2 Miliar Ton Emas, Siapa Pemiliknya?

Bagi Awaluddin, bersumber pada laporan industri yang terakhir, penemuan kemampuan mineral dekat 2 miliyar ton tersebut memiliki isi emas. Tetapi demikian, batuan/ ore emas yang diekstraksi sejatinya tidak sebesar itu.

” Namanya Sumbawa Mining memanglah ia telah konpers dari tahun 2022 kemudian ya terpaut dengan discovery emas 2 miliyar, bijih itu ya bukan emas itu kan ore yang memiliki emas, jika diolah ya gak sebesar itu,” kata Awaluddin di Jakarta, dilansir Pekan( 10/ 12/ 2023).

Awaluddin menyebut dikala ini Tubuh Geologi Departemen ESDM tengah melaksanakan pendataan lebih lanjut menimpa hasil penemuan tersebut. Terlebih di daerah tambang Onto pula ada keunikan tertentu, dimana daerah ini mempunyai kemampuan sumber energi Panas Bumi di dalamnya.

Oleh karena itu, temuan oleh PT Sumbawa Timur Mining( PT STM) ini dapat jadi masukan untuk pemerintah. Paling utama buat memandang kemampuan temuan emas di daerah lain yang ada sumber tenaga panas bumi.

” Maksudnya terdapat satu sistem yang secara geologi masih muda sebab terdapat panas bumi terdapat kemampuan buat temuan emas itu. Kita dapat tindak lanjuti di sebagian posisi lain yang setipe dengan itu ini pula jadi kajian kami ke depan buat cari posisi yang sama dengan di Onto,” katanya.

Semacam dikenal, PT Sumbawa Timur Mining( PT STM) sebagai pemegang Kontrak Karya( KK) generasi ke- 7 tahun 1998 sampai saat ini memanglah masih melaksanakan pencarian cadangan emas di tambang Onto, Kecamatan Huu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Ada pula, bila Kontrak Karya( KK) telah dipegang oleh Sumbawa Timur Mining semenjak tahun 1998, itu maksudnya industri telah 25 tahun melaksanakan aktivitas eksplorasi mencari harta karun emas tersebut.

Presiden Direktur STM, Bede Evans sebagian waktu kemudian menarangkan kemampuan sumber energi mineral Onto ialah bagian dari Proyek Huu kepunyaan PT STM yang ialah pemegang Kontrak Karya generasi ke- 7. Paling utama yang ditandatangani Pemerintah Indonesia pada 19 Februari 1998.

Saham STM sendiri secara kebanyakan dipunyai oleh Vale S. A.( 80%), lewat Eastern Star Resources Pty Ltd, serta sisanya dipunyai oleh PT Antam Tbk( 20%).

” Dikala ini regu engineering kami terus meningkatkan bermacam opsi gimana Proyek Huu kedepannya bisa dibesarkan jadi suatu proyek penambangan,” ucapnya kepada Beritaokewla.com Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours