Samsung Galaxy A54 5G, Kuasai Pasar Midrange

5 min read

Samsung Galaxy A54 5G, Kuasai Pasar Midrange Jakarta – Galaxy A54 5G adalah jagoan Samsung di kelas midrange tahun 2023. Ada sejumlah pembaruan dan peningkatan spesifikasi. Ayo kita uji kemampuannya. Sebelum mengulik lebih jauh, inilah spesifikasi lengkap Samsung Galaxy A54 5G:

Kelebihan Samsung Galaxy A54 5G

Samsung Galaxy A54 5G, Kuasai Pasar Midrange

Desain

Samsung mengubah desain Galaxy A54 dari pendahulunya menjadi lebih premium. Samsung mengadopsi rasio 19,5:9. Bobotnya sedikit lebih berat lantaran bagian belakangnya menggunakan material kaca yang terlindungi Gorilla Glass 5. Ini cukup bisa ditolerir, sebab penggunaan kaca pada bagian cover belakang membuat tampilan Galaxy A54 jauh lebih premium dari A53. Kami bahkan menyebut ponsel ini sebagai ‘Galaxy S23’ versi murah. Apalagi Samsung juga menerapkan desain kamera yang serupa dengan HP premium terbarunya itu. Kendati menggunakan lapisan kaca, noda sidik jari tidak begitu ketara di permukaan belakangnya. Saat digenggam tetap nyaman dan tidak licin berkat tepian dibuat lebih mengotak.

Galaxy A54 punya empat varian warna, yakni Lime, Graphite, Violet dan White. Warna Lime yang detikINET review, tampilannya begitu menarik, segar dan tidak membosankan. HP ini mengantongi sertifikat IP67. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau-kalau Galaxy A54 kehujanan atau tak sengaja tercebur dalam kolam, karena dibuat tahan air dan debu.

Layar

Layar Samsung A54 mengusung ukuran 6,4 inch dengan resolusi Full HD+ dan perlindungan Gorilla Glass 5. Panel yang digunakan adalah AMOLED dengan refresh rate 120 Hz yang mulus, serta dukungan HDR10+ untuk menikmati konten kualitas tinggi di YouTube hingga Netflix. HP ini diberikan dukungan kecerahan 1.000 nit, meningkat 25% dari Galaxy A53. Berpadu dengan fitur Vision Booster membuat layar masih sangat jelas terlihat mata saat digunakan di bawah terik Matahari.

Galaxy A54 membawa sensor fingerprint di bawah layar. Saat digunakan, kinerja sensor cepat dalam mengenali sidik jari. Tidak ada jack audio 3,5 mm, tapi ada speaker ganda Dolby Atmos untuk suara empuk bikin streaming film lebih seru.

Kamera

Galaxy A54 dibekali empat kamera. Tiga kamera berada di belakang dengan komposisi 50 MP, 12 MP (ultra-wide) dan 5 MP (makro), Satu lagi berada di bagian depan dengan ukuran 32 MP.
Ukuran kamera utamanya menurun dari 64 MP pada pendahulunya, menjadi ke 50 MP. Tapi, Samsung menyematkan sensor yang lebih besar sehingga memberikan kemampuan fotografi malam yang lebih baik. Kinerja kamera utama Galaxy A54 saat dijajal, mampu menghasilkan foto jelas di berbagai kondisi pencahayaan. Demikian pula kemampuan lensa ultra-wide, distorsi di bagian tepi foto sangat minim dan fokus tersebar di seluruh bingkai dan tidak hanya di bagian tengah.

Sensor makro 5 MP mampu menangkap detail dengan baik. Untuk kemampuan kamera depan 32MP menghasilkan selfie yang detail dan akurat. Ketidakhadiran sensor depth tidak menjadi poin minus bagi ponsel ini. Sebab hasil foto portrait Galaxy A54 cukup memuaskan. Ditambah lagi Samsung menyematkan OIS pada kamera yang lebih berguna untuk merekam video lebih stabil dan foto malam bebas blur. Berikut ini contoh hasil jepretan Galaxy A54 5G:

Uji Performa

Galaxy A54 5G ditenagai Exynos 1380 5nm SoC. Prosesor ini punya 8 inti yaitu 4 inti yang memiliki clock 2.4GHz Cortex-A78 dan 4 lainnya memiliki clock 2GHz Cortex-A55. Untuk grafis, ada GPU Mali-G68 MP5 di A54 5G. Ponsel didukung RAM 8GB dengan fitur RAM virtual hingga 8 GB. Untuk keperluan penyimpanan, ada ROM 128 dan 256GB yang dapat diperluas dengan microSD sampai 1 TB. Samsung mengklaim kinerja CPU meningkat 20%, sedangkan GPU meningkat 26%. Saat digunakan kami tidak menemukan masalah kinerja apa pun, setiap aplikasi berjalan lancar, dan multitasking juga sangat lancar.

Ketika memainkan beberapa game mobile semua berjalan cukup lancar dalam opsi grafis tinggi, Agar lebih afdol, detikINET coba melakukan pengujian menggunakan benchmark. Pertama pakai Antutu, skor yang ditorehkan 513.989. Angka ini jauh lebih tinggi dari hasil Antutu Galaxy A53, yakni 424.761. Pengujian kedua pakai Geekbench 6. Pada single core didapat 1.004, sedangkan multi-core didapat 2.791. Sedangkan Galaxy A53 hanya mendapatkan skor 727 pada single core, dan 1.756 untuk multi-core.

Baterai

Galaxy A54 5G membawa baterai 5.000 mAh yang diklaim bisa bertahan hingga 2 hari berkat efisiensi One UI 5.1 yang digunakan ponsel ini. Samsung Galaxy A54 5G dibekali fitur fast charging 25W. Hanya butuh waktu 40 menit untuk mengisi 50% dan penuh dalam sejam setengah. Setelah detikINET mencobanya selama 2 minggu, ponsel ini bisa bertahan hampir seharian penuh saat digunakan untuk merekam, edit, dan mengupload konten video.

Kesimpulan

Galaxy A54 menjadi penerus yang memuaskan dari Galaxy A53. Pasalnya banyak keunggulan yang diberikan handphone ini. Dari tampilan luarnya saja sudah menggoda mata. Material kaca bikin Galaxy A54 punya cita rasa premiumnya seperti Galaxy S23. Layarnya menyuguhkan warna yang kaya dan transisi mulus. Saat digunakan di luar ruang pun tak masalah karena tingkat kecerahannya tinggi bikin layar tetap jelas dipandang mata. Aktivitas menonton hingga main game bakal terpuaskan. Kamera bisa diandalkan saat siang maupun malam. Bikin konten video pun lebih stabil berkat keberadaan OIS di kamera utama. Performa Galaxy A54 pun meningkat jauh. Demikian pula kinerja baterainya yang tahan lebih lama.

Rasanya sulit mencari celah kekurangan dari Galaxy A54 ini. Terlebih Samsung masih membanderol dengan harga yang sama dari pendahulunya. Bila kamu mencari ponsel yang bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari namun budget cuma Rp 6 jutaan, bisa melirik Galaxy A54 5G ini.

Baca Juga : Berita hari Ini

baca Juga : Korban Pembunuhan

Baca Juga : Pelecehan seksual

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours