Banjir Bandang dan Longsor Terjang Humbahas, 12 Orang Dilaporkan Hilang

2 min read

Banjir Bandang dan Longsor Terjang Humbahas, 12 Orang Dilaporkan Hilang Beritaokewla Medan – Banjir bandang dan tanah longsor menerjang Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasudutan (Humbahas) Sumatera Utara, Jumat (1/12/2023) malam. Akibat insiden ini sebanyak 12 warga dilaporkan hilang. Kepala Kantor Basarnas Medan, Budiono mengatakan peristiwa terjadi sekitar pukul 21.30 WIB, dan diawali hujan deras. Tiba-tiba, banjir dan longsor terjadi.

12 orang hilang

Dampaknya rumah warga mengalami kerusakan dan sebanyak 12 orang dilaporkan hilang. “Menurut informasi dari saksi bahwa beberapa korban tertimbun dan dinyatakan hilang di sekitar permukiman yang terkena dampak. Pemerintah setempat bersama masyarakat telah melakukan pencarian namun belum menemukan warga yang hilang,” ujar Budiono dalam keterangannya, Sabtu (2/12/2023)

Informasi tersebut selanjutnya dilaporkan ke BPBD Humbahas dan SAR Medan. Hingga kini upaya pencarian terus dilakukan. Budiono mengungkapkan, banyaknya material batuan akibat banjir dan longsor mempersulit petugas SAR melakukan evakuasi, sehingga tim SAR juga menggunakan alat berat. “Tim dalam melakukan pencarian, selain menggunakan eskavator, tim juga harus menggeser secara manual material batuan tersebut, untuk membuka akses pencarian di lokasi yang dicurigai posisi keberadaan korban,” kata Budiono.

Warga hilang

Personel SAR juga mengerahkan satu unit drone untuk memaksimalkan pencarian. “Hingga saat ini tim masih berupaya semaksimal mungkin melakukan pencarian dengan harapan seluruh korban secepatnya ditemukan,” harap Budiono. Adapun para korban hilang yakni Pintar Simanullang, Juni Silaban, Adriano Silaban, Tiamin Sinambela, Lasroha Simanullang, Eva Purba, Kriston Siregar, Desman Sihombing, Op.Gomgom, Br Banjar, Br Lubis, Br Simanjuntak. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari https://beritaokewla.com/. Mari bergabung di Grup Telegram “Okewla.com News Update”, caranya klik link https://beritaokewla.com/, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours