Apa Beda Essence dan Serum? Jangan Keliru

3 min read

Apa Beda Essence dan Serum? Jangan Keliru Beritaokewla.com  – Ada beragam produk perawatan kulit (skincare) yang beredar di pasaran. Beberapa diantaranya kerap membuat pengguna kebingungan lantaran memiliki tekstur yang serupa. Misalnya, essence dan serum. Bagi pengguna skincare, kedua produk tersebut tentunya sudah tidak asing.

Lantas, apa beda essence dan serum? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Healthline dan Style Craze.

1. Fungsi

Essence merupakan produk skincare yang berfungsi untuk menghidrasi, melindungi, dan meningkatkan kesehatan kulit, dilansir dari Healthline. Saat memakai essence, kamu akan merasakan bahwa kulit muka terhidrasi secara menyeluruh. Essence berasal dari Korea Selatan, yang pertama kali diperkenalkan ke pasar oleh merek skincare ternama, Shiseido pada 1897. Sejak itu, essence mulai dikembangkan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti untuk jerawat, penuaan, atau kulit kering. Selain menghidrasi kulit, fungsi utama essence lainnya yakni membantu penyerapan produk skincare selanjutnya, sehingga hasilnya maksimal. Sementara itu, serum berfungsi untuk mengatasi permasalahan kulit secara lebih spesifik sesuai dengan fungsinya masing-masing. Misalnya, serum dengan kandungan hyaluronic acid berfungsi mengatasi kulit kering, serum vitamin C untuk mencerahkan warna kulit, dan sebagainya. Fungsi serum berbeda-beda lantaran setiap jenis serum dibuat dengan bahan-bahan aktif tertentu yang mengatasi permasalahan kulit. Jadi, fungsi serum pun beragam mulai dari mengatasi kulit muka kusam, garis-garis halus, jerawat, kulit kering, dan lainnya.

2. Kandungan

Baik essence maupun serum terbuat dari air dan campuran bahan-bahan aktif dengan konsentrasi lebih tinggi dibandingkan produk skincare lain. Melansir dari Style Craze, essence mengandung air, bahan-bahan aktif, ekstrak, dan hydroxycinnamic acids (HCA) yang membantu mencerahkan kulit dan mempertahankan kelembapannya. Kandungan bahan-bahan aktif dalam essence berbeda-beda bergantung dari permasalahan kulit yang diatasi. Sementara itu, serum biasanya merupakan campuran bahan-bahan aktif seperti peptida yang merangsang pertumbuhan dan perbaikan sel, serta vitamin C, HCA, dan AHA.

3. Tekstur

Meskipun berbahan dasar air, namun konsistensi atau tekstur essence lebih cair dan ringan ketimbang serum. Sedangkan, serum dapat berbentuk gel, cairan kental, dan cairan ringan. Serum mudah menyerap ke dalam kulit. Sebagian serum juga terasa sedikit berminyak untuk sementara waktu (tergantung dari produknya). Jadi jika kamu memiliki tipe kulit berminyak, sebaiknya memilih serum yang mudah menyerap ke dalam kulit.

4. Cara pakai

Essence dipakai setelah menggunakan pembersih dan toner. Sebab, selain menghidrasi kulit, essence juga akan membantu penyerapan produk skincare selanjutnya, sehingga hasilnya lebih maksimal. Caranya, tuangkan beberapa tetes serum ke telapak tangan. Kemudian, mulai aplikasikan essence di dekat dagu, lanjut ke bagian atas muka. Beberapa essence dilengkapi dengan botol spray sehingga kamu tinggal menyemprotkan ke permukaan muka. Tunggu beberapa saat hingga essence menyerap. Setelah memakai essence, kamu bisa melanjutkan pemakaian serum. Caranya, tuangkan beberapa tetes serum ke telapak tangan. Kemudian, oleskan secara merata ke seluruh permukaan wajah. Tunggu beberapa saat hingga serum menyerap sempurna untuk lanjut ke tahapan skincare selanjutnya.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours