Memiliki Selera Humor Besar, lmuwan Ungkap Gimana Primata Bercanda

2 min read

Memiliki Selera Humor Besar, lmuwan Ungkap Gimana Primata Bercanda beritaokewla.com- Penelitian baru yang diterbitkan di harian Proceedings of the Royal Society B sudah menciptakan fakta kalau primata pula mempunyai selera humor. Tidak cuma itu, para ilmuwan pula menguak gimana mereka bercanda.

Dikumpulkan dari Science Alert, Senin( 19/ 2/ 2024), riset menguak kalau primata bercanda dengan metode menggoda satu sama lain. Misalnya dengan kesekian kali menawarkan serta menarik barang sampai mengusik kegiatan primata lain. Buat menguak sikap ini, regu mengamati interaksi sosial otomatis antara populasi orangutan, simpanse, bonobo, serta gorila. Mereka menganalisis seluruhnya, mulai dari gerakan badan serta ekspresi wajah yang digoda sampai gimana sasaran yang digoda merespons secara bergantian.

Tidak hanya itu, para periset berupaya buat menguji iktikad di balik suatu aksi menggoda dengan mencari apakah aksi tersebut menyasar orang tertentu, apakah aksi tersebut bersinambung ataupun bertambah bersamaan berjalannya waktu, serta apakah penggoda tersebut menunggu respon dari targetnya.“ Hasil kami menunjang gagasan kalau menggoda kera besar merupakan sikap yang provokatif, disengaja, serta kerap kali bertabiat main- main.

Umumnya asimetris serta bisa mengambil wujud berbeda dengan proporsi fitur lucu serta kasar yang bermacam- macam,” kata periset Isabelle Laumer.“ Secara totalitas, para periset mengenali 18 sikap menggoda yang berbeda. Perihal ini tercantum kesekian kali melambai ataupun mengayunkan barang di tengah bidang pandang sasaran, memukul, memandang wajah dari dekat, serta menjambak rambut,” tambahnya. Erica Cartmill, penulis senior riset tersebut menyebut, berbeda dengan game yang dicoba oleh hewan di segala dunia hewan, game menggoda mempunyai sebagian ciri unik.

Cartmill ingat awal kali memandang sikap semacam itu pada kera pada tahun 2006 kemudian. Nyaris 20 tahun sehabis interaksi ini, riset sudah membagikan pengetahuan berarti tidak cuma tentang sikap kera namun pula sikap manusia. Tergantung pada spesiesnya, kera besar mempunyai 97–99 persen DNA yang sama dengan kita serta kita mempunyai banyak kesamaan.” Kedatangan ejekan yang lucu pada keempat kera besar serta kesamaannya dengan sikap menggoda yang lucu pada balita manusia menampilkan kalau ejekan yang lucu serta prasyarat kognitifnya bisa jadi sudah terdapat pada nenek moyang kita yang terakhir, paling tidak 13 juta tahun yang kemudian,” kata Cartmil.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours