Viral Video Penyiksaan Masyarakat Sipil Yahukimo Diprediksi Dicoba Aparat Tentara Nasional Indonesia(TNI) Diunggah Aktivis OPM

2 min read

Viral Video Penyiksaan Masyarakat Sipil Yahukimo Diprediksi Dicoba Aparat Tentara Nasional Indonesia(TNI) Diunggah Aktivis OPM – Suatu video merekam aksi penyiksaan terhadap salah satu masyarakat yang dinarasikan berasal dari Yahukimo, Papua viral di media sosial.

Dalam video itu, seseorang laki- laki direndam di dalam tong dengan cairan merah sembari disiksa dengan tusukan pisau belati yang diprediksi dicoba oknum aparat Tentara Nasional Indonesia(TNI).

” Ini kelakuan biadap Tentara Nasional Indonesia(TNI) terhadap rakyat papua yang sepanjang ini tersmbunyi apik. Terpaut Video Penyiksaan dibawah terjalin di Yahukimo, kalau Beberapa anggota Tentara Nasional Indonesia(TNI) menyiksa masyarakat sipil yg diprediksi jaringan TPNPB,” tulis Jefry dalam unggahan video tersebut, Kamis 21 Maret 2024.

Video itu merekam jelas aksi kekerasan yang keji. Dalam posisi tangan terikat serta direndam dalam tong, masyarakat sipil itu dipukul serta sesekali disayat pisau.

Penyiksaan itu terus bersinambung walaupun masyarakat sipil yang diprediksi tergabung dalam jaringan TPNPB OPM itu sembari diinterogasi.

Menyikapi beredarnya video itu, Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen Tentara Nasional Indonesia(TNI) Izak Pangemanan sudah mengenali berita tersebut.

Izak mengaku grupnya masih melaksanakan penelusuran asal usul video penyiksaan terhadap masyarakat sipil yang diprediksi dicoba oknum anggota Tentara Nasional Indonesia(TNI).

” Kami masih konfirmasi video tersebut. Kami masih dalami wujud yang dinarasikan anggota Tentara Nasional Indonesia(TNI) itu,” kata Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen Tentara Nasional Indonesia(TNI) Izak Pangemanan di Jayapura, Jumat 22 Maret 2024.

Izak berkata, kalau sepanjang pembedahan yang dicoba satgas Yonif dikala bertugas di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, ikatan Tentara Nasional Indonesia(TNI) dengan warga sipil terjalin sangat baik.

” Tidak sempat terdapat keluhan terpaut sikap keras terhadap warga, serta video itu masih kami konfirmasi,” kata Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen Tentara Nasional Indonesia(TNI) Izak Pangemanan.

Video penyiksaan itu pula sudah diselidiki Kantor Komnas HAM Papua. Bagi Kepala Perwakilan Kantor Komnas HAM Papua Frits Ramanday, grupnya hendak berkoordinasi dengan Pangdam XVII/ Cenderawasih, mengingat fakta petunjuk yang nampak di video tersebut pelakunya diprediksi anggota Tentara Nasional Indonesia(TNI).

” Kami hendak menelusuri permasalahan tersebut buat mengenali siapa korban serta TKP dan pelakon nya dari mana, penyiksaan yang dicoba diluar batasan peri kemanusiaan sehingga pelakunya wajib diproses hukum,” kata Frits Ramanday.

Link Terkait :

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours