Kronologi Tabrakan Odong-odong dan Truk di Batang Jawa Tengah, Belasan Orang Jadi korban

2 min read

Kronologi Tabrakan Odong-odong dan Truk di Batang Jawa Tengah, Belasan Orang Jadi korban – Kecelakaan maut terjadi di Sembung, Batang, Jawa Tengah antara odong-odong dengan truk muatan besar, Pada Jumat (22/3). Kecelakaan terjadi sekitar pukul 10.00 WIB tepat di depan Koramil Banyuputih, Batang.

Menurut penuturan saksi mata warga setempat, kecelakaan bermula saat dua buah odong-odong hendak berbelok di jalur Pantura Desa Sembung, Batang. Namun disayangkan salah satu odong-odong tidak dapat mundur dan justru tertabrak truk yang sedang melintas.

Dikabarkan setidaknya ada 13 orang yang menjadi korban dalam kecelakaan ini. Keadaan odong-odong sendiri ringsek akibat tabrakan yang terjadi. Truk yang menabrak juga mengalami kerusakan pada bagian depan.

Odong-odong, atau kereta kelinci memang tidak seharusnya menjadi alat transportasi umum dan melintas di jalan raya. Larangan ini didasarkan pada pertimbangan keselamatan dan peraturan hukum.

Odong-odong tidak memenuhi kriteria angkutan umum, termasuk uji tipe, keamanan, dan layak jalannya. Selain itu, odong-odong tidak memiliki Surat Registrasi Uji Tipe (SRUT).

Odong-odong termasuk dalam kategori kendaraan modifikasi berdasarkan Pasal 277 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pengoperasian odong-odong di jalan raya tidak diperbolehkan dan dapat mengakibatkan sanksi berupa pidana penjara hingga satu tahun atau denda maksimal Rp 24 juta

Hingga saat ini proses evakuasi dan pengamanan dilakukan oleh petugas yang berwajib. Diperkirakan banyak dari korban adalah anak-anak dan ibu-ibu yang terjepit. 13 orang yang mengalami luka-luka sudah dibawa ke rumah sakit.

Link Terkait :

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours