Salah! Video Kubu Prabowo Ngamuk Akibat Pimpinan DPR Setujui Hak Angket

2 min read

Salah! Video Kubu Prabowo Ngamuk Akibat Pimpinan DPR Setujui Hak Angket Tersebar kembali cuplikan video yang memperlihatkan beberapa anggota DPR ricuh, naik mengepung sofa pimpinan di sidang.

Video yang viral pada 1 Oktober 2014 silam itu kembali disebarkan dengan klaim kalau kericuhan dalam cuplikan video tersebut ialah kubu Prabowo yang marah akibat Pimpinan DPR Puan Maharani setujui usulan hak angket.

” KUBU PRABOWO MENGAMUK USAI PUAN PUTUSKAN SETUJUI HAK ANGKET. Kalo gak curang gak wajib Ngeper kan? Hak angket di sahkan?” demikian narasi yang dicantumkan dalam video berdurasi 37 detik itu.

Video tersebut diupload oleh akun Tiktok bernama Aisyah Renata pada Senin 25 Maret 2024, serta sudah ditonton sebanyak 4, 4 juta kali, disukai 136, 4 ribuan pengguna Tiktok, 21, 8 ribu pendapat, ditaruh serta dibagikan lebih dari 8 ribu kali. Video tersebut pula sudah diupload ulang di Facebook oleh lebih dari 6 akun. Dikenal, lebih dahulu, narasi seragam disebarkan oleh channel youtube KUMPARAN Televisi pada 25 Februari 2024.

Benarkah ini video beberapa anggota DPR ricuh itu ialah kubu Prabowo yang marah akibat Puan Maharani setujui usulan hak angket?

Pengecekan Kenyataan/ HASIL VERIFIKASI

Buat memverifikasi kebenaran klaim di atas, Regu Jurnas. com memfragmentasi video jadi foto dengan memakai perlengkapan editor gambar serta menelusurinya memakai Bing Image Match.

Sehabis ditelusuri, cuplikan video tersebut ialah potongan dari video persidangan Paripurna perdana DPR periode 2014- 2019 yang berlangsung pada 1 Oktober 2014 malam sampai Kamis 2 Oktober 2014 dini hari di Ruang Persidangan Paripurna Nusantara II, Lingkungan Parlemen, Senayan, Jakarta.

Video aslinya dilansir salah satunya dalam kanal Youtube BeritaSatu bertajuk“ Breaking News: Persidangan Paripurna Ricuh” yang diunggah pada 2 Oktober 2014. Setelah itu video seragam pula diupload dalam kanal Youtube KOMPASTV bertajuk” Celotehan Popong di Panasnya Persidangan Paripurna” yang diunggah pada 2 Oktober 2014.

Tidak hanya itu, kenyataannya, sampai kabar ini dilansir tidak ditemui data terpaut kubu Prabowo marah akibat Puan Maharani setujui usulan hak angket. Pula tidak ditemui data terpaut Puan Maharani sudah menyetujui hak angket.

KESIMPULAN

Bersumber pada hasil verifikasi Regu Cek Kenyataan Jurnas. com, video dengan klaim beberapa anggota DPR ricuh itu ialah kubu Prabowo yang marah akibat Puan Maharani setujui usulan hak angket merupakan SALAH.

Kenyataannya, video tersebut ialah potongan dari video persidangan Paripurna perdana DPR periode 2014- 2019 yang berlangsung pada 1 Oktober 2014 malam sampai Kamis 2 Oktober 2014 dini hari di Ruang Persidangan Paripurna Nusantara II, Lingkungan Parlemen, Senayan, Jakarta.

Link Terkait :

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours