Gempar Tol di Malaysia Free Dikala Lebaran, Jika RI Gimana?

2 min read

Gempar Tol di Malaysia Free Dikala Lebaran, Jika RI Gimana?- Jakarta, beritaokewla.com Indonesia- Menteri Pekerjaan Universal serta Perumahan Rakyat( PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, tidak hendak terdapat kebijakan tol free di Indonesia dikala masa mudik Lebaran Idul Fitri semacam halnya di Malaysia. Ada pula statment ini merespon keluhan dari salah satu Anggota Komisi V DPR RI.

Dalam Rapat Kerja( Raker) Komisi V DPR RI bersama Menteri PUPR, Anggota Komisi V DPR dari Fraksi PKS Syahrul Aidi Maazat menyebut banyak warga yang meringik hendak peningkatan tarif tol, spesialnya Tol Pekanbaru- Dumai. Di sisi lain, tersebar berita kalau Malaysia saat ini mempraktikkan tarif tol free menjelang Lebaran.

” Mereka bisa pula di Facebook di media sosial itu bahwasanya di Malaysia, katanya, orang sebelah mereka itu Lebaran ini tol- nya malah free. Maklum lah, sebab bisa jadi bertetangga dengan Malaysia mereka perbandingkan,” kata Syahrul dalam raker, Senin( 1/ 4/ 2024).

” Jadi di Maret terdapat peningkatan tarif tol yang lumayan besar di Pekanbaru- Dumai, nah apakah ini dapat dipertimbangkan pak?” lanjut Syahrun.

Ditemui usai Raker, Basuki menegaskan kalau di Indonesia tidak terdapat kebijakan tarif tol free menjelang Lebaran Idul Fitri 2024. Perihal ini lantaran, beberapa tol yang dibentuk di Indonesia ialah investasi. Dia juga mengaku tidak mempunyai kewenangan buat menghasilkan kebijakan tersebut.

” Itu kan investasi, investor. Aku juga tidak dapat merintah,” ucapnya.

Kendati demikian, Basuki menyebut beberapa Tubuh Usaha Jalur Tol( BUJT) memberi tahu kalau pihak tersebut sudah menghasilkan inisiatif supaya tarif dapat didiskon jelang Lebaran Idul Fitri. Salah satunya merupakan Tol TransJawa yang diskonnya menggapai 20%.

Tetapi, tegasnya, diskon itu bertabiat sukarela, bukan suatu instruksi dari pemerintah.

Sedangkan itu, Direktur Jenderal Bina Marga Departemen PUPR Hedy Rahadian, menarangkan, alibi pemerintah tidak mengharuskan terdapatnya diskon tarif tol jelang Lebaran, sebab bila diharuskan hingga BUJT tersebut hendak menagih potongan biayanya kepada pemerintah.

” Sebab ini sifatnya sukarela, jika harus nanti mereka hendak klaim ke pemerintah,” cerah Hedy.

Link Terkait :

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours