Viral Turis Ngeluh Kena Getok Harga Ojek Pangkalan di Bromo, Ditagih Rp400 Ribu per Orang

5 min read

Viral Turis Ngeluh Kena Getok Harga Ojek Pangkalan di Bromo, Ditagih Rp400 Ribu per Orang- Jakarta- Kawasan wisata Gunung Bromo kembali ramai dibahas di media sosial. Baru- baru ini seseorang turis Bromo merasa dirugikan serta mengaku ditembak tarif ojek dengan harga mahal.

Dalam video yang dibagikan akun TikTok@Fbrdira, Pekan, 26 Mei 2024, wisatawan pria itu meringik ojek memohon ongkos lebih mahal dari konvensi dini.” Bukan gak iklas. Cuman ketipu aja sama tukang ojeg di bromo..,” tulisnya dalam penjelasan unggahannya.

” Jika naik ojek ke mari, jangan hingga ketipu ya guys. Tadi perjanjian cepek( seratus ribu rupiah)… Hingga mari kita ditembak 4 ratus( ribu rupaih),” ucapnya dalam video tersebut.

” Sama Pak Pur, inget ya atas nama Pak Pur. Tadi awal mulanya kita satu orang gocap( 5 puluh ribu rupiah), kemudian( sebab) naik turun( Kembali Berangkat/ PP) jadi cepek( seratus ribu rupiah). Saat ini kita( malah) dikenakan 400 ribu rupiah( per ojek) ya guys,” tambahnya.

Turis itu mengaku awal mulanya telah memesan jip buat ke spot matahari terbit atau sunrise. Namun, jip yang mereka sewa tidak dapat melalui sebab banyak jip yang parkir sembarangan, apalagi terdapat yang membatasi jalur. Mereka setelah itu memutuskan buat gunakan jasa ojek pangkalan.

Saat sebelum naik ojek, wisatawan Bromo itu mengaku telah tawar- menawar harga. Hasil dari tawar- menawar itu menyepakati harga tiap ojek Rp200 ribu bawa 2 penumpang.

” Kesimpulannya kami memesan 3 ojek. Kesimpulannya deal tiap ojek 200 ribu kembali berangkat( PP) dengan keadaan penumpang 2 serta 1 driver,” jelasnya.

Turis itu pula mengaku saat sebelum tawar- menawar, tukang ojek mengajukan harga Rp400 ribu kembali berangkat buat 2 orang saja.” Coba bayangkan dengan logika apakah kamu hendak deal dengan harga Rp 400 ribu buat 2 orang? Aku percaya banyak yang tidak hendak ingin kecuali kamu yang memanglah orang berlebih,” ucapnya.

Komentar Warganet Terbelah

Realitasnya, konvensi dilanggar. Pengemudi ojek pangkalan senantiasa memohon Rp400 ribu per ojek buat kembali berangkat. Dari video yang diunggah, laki- laki itu juga berharap supaya para turis Bromo yang lain supaya berjaga- jaga.” Serta buat pengelola wajib terdapat revisi serta pemecahan,” tutupnya.

Sampai kabar ini, ditulis belum terdapat penjelasan formal dari pihak pengelola wisata Bromo terpaut ojek yang mematok harga mahal kepada turis tersebut. Video itu juga viral sampai menuai bermacam- macam pendapat dari warganet. Banyak warganet heran sebab mahalnya harga ojek di Bromo.

” Lho apa alibi ia menaikkan ongkos dari 200 ribu PP ke 400 ribu?” tanya seseorang warganet.

” Terus menjadi lama Bromo hendak hening jika kerap terjalin permasalahan semacam ini,” pendapat warganet yang lain.

” Ke Bromo Lumayan 1 X.. kalo terdapat yg Belom lebih baik ndak harus masih banyak tempat yg sama jauuh lebih murah bayaran segalanya.. Mulai Toilet kecil serta Kopi,” timpal yang lain.

Tetapi, sebagian warganet meyakini harga tersebut telah cocok konvensi.” Sehabis terdapatnya video ojek yang katanya 400 tidak cocok perjanjian, tukang ojeknya dipanggil serta dimintai penjelasan. Tetapi kata tukang ojeknya harga itu cocok konvensi,” tulis warganet lain.

” Apes gak terdapat di kalender ya gaes, gak seluruh pelakon pariwisata gunung bromo semacam ituπŸ™πŸ»,” ucap warganet yang lain.

Kendaraan Individu Dilarang Masuk Bromo

Pada bulan kemudian, terdapat turis yang melanggar ketentuan dilarang bawa mobil ataupun kendaraan individu merambah kawasan wisata Gunung Bromo di Jawa Timur. Perihal itu dikenal dari video yang viral di media sosial. Salah satunya di akun Instagram@explorewisataprobolinggo pada Selasa, 23 April 2024.

Suatu mobil nekat menerobos kawasan wisata Bromo walaupun telah diperingatkan petugasnya. Konsekuensinya, mobil itu terjebak di genangan air bercampur lumpur serta pasir sehingga tidak dapat bergerak. Genangan air nampak merendam nyaris segala ban mobil.

Di depan mobil bercorak biru dengan pelat no S 1719 ED tersebut nampak suatu mobil jip yang siap buat menderek mobil biru itu. Upaya menderek mobil individu itu dibantu oleh beberapa laki- laki yang terdapat di video tersebut. Pada potongan video berikutnya, nampak seseorang perempuan berupaya menghabiskan air yang masuk ke dalam mobil dengan memakai gayung.

Balai Besar Halaman Nasional Bromo Tengger Semeru( BB TNBTS) telah membuat kebijakan seluruh kendaraan individu dilarang masuk ke kawasan TNBTS. Ketentuan ini telah berlaku semenjak bertahun- tahun kemudian. Wisatawan kawasan Gunung Bromo wajib mengenakan transportasi jip lokal. Apabila sesuatu mobil diperbolehkan masuk, itu sebab pengecualian.

Ketentuan Mobil Individu di Kawasan Bromo

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa, 23 April 2024, berkata kalau bersumber pada syarat yang terdapat, kendaraan individu roda 4 dilarang masuk ke dalam kawasan halaman nasional tersebut.” Kendaraan( roda 4) individu senantiasa dilarang masuk, telah terdapat aturannya,” ucap Septi, mengutip Antara.

Septi menarangkan petugas Balai Besar Halaman Nasional Bromo Tengger Semeru yang bertugas di lapangan sudah menegur keras turis yang memakai mobil individu serta masuk ke kawasan savana tersebut. Dia menebak mobil tersebut masuk ke kawasan savana Bromo dikala pagi hari serta mencari celah buat menjauhi petugas yang terdapat di Pos Jemplang.

Kendaraan itu masuk ke kawasan halaman nasional dari arah Kabupaten Lumajang.” Wisatawan kami harap mematuhi ketentuan. Ketentuan itu terbuat terdapat artinya, tercantum menjauhi hal- hal semacam ini,” imbuhnya.

Larangan kendaraan roda 4 merambah kawasan halaman nasional diresmikan berdasar Pesan Keputusan Kepala BB TNBTS No: SK. 88/ 21/ BT. 1/ 2012 tentang Pengaturan Transportasi Kendaraan Roda di Kawasan Laut Pasir tertanggal 20 Desember 2012. Dalam syarat itu, disebutkan kendaraan roda 4 yang hendak merambah kawasan Lautan Pasir Bromo dibatasi hingga pintu masuk Cemorolawang dari arah Kabupaten Probolinggo, Wonokitri Kabupaten Pasuruan, serta Jemplang dari Kabupaten Malang serta Lumajang.

Kendaraan roda 4 yang mengarah kawasan Laut Pasir disediakan oleh paguyuban jip dari tiap- tiap pintu masuk. Pengecualian dikeluarkan atas kepentingan kedinasan oleh Kepala Balai Besar serta ataupun Kepala Bidang Teknis Konservasi, Kepala Bidang Pengelolaan Halaman Nasional Daerah I serta II.

Link Rekomendasi :Β 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours