Ayunan Jantra di Karangasem, Game Simpel Para Wanita Tetapi Sarat Makna

Ayunan Jantra di Karangasem, Game Simpel Para Wanita Tetapi Sarat Makna- Belakangan ini viral sebuah game tradisional asal Bali yang sangat menarik. Walaupun sangat simpel, tetapi game ini penuh filosofi.

Dalam video yang diunggah akun Tiktok@serpihan. surga. dunia memperlihatkan penampakan game ayunan besar yang dibuat dari kayu tersebut.

Game ini merupakan game ayunan Jantra di Desa Tenganan Pegringsingan. Seperti game ayunan pada biasanya, mereka duduk serta setelah itu diayunkan.

Tetapi berbeda dengan ayunan pada biasanya, yang cuma terdapat 1 hingga 2 tempat duduk saja. Ayunan ini terdiri dari 4 pasang tempat duduk alias berjumlah 8 buah.

Dalam video nampak 8 wanita menggunakan baju khas Bali bercorak putih serta coklat duduk di ayunan tersebut.

Mereka duduk di tempat duduknya tiap- tiap sembari berpegangan kayu yang terdapat di sampingnya. Setelah itu 2 laki- laki di samping kanan serta kiri bertugas mengayunkan ayunan tersebut.

Sehabis diayunkan, ayunan ini hendak memutar semacam Gerakan bianglala. Gerakan lama- lama itu membuat para wanita ini menikmatinya.

Game Ayunan ini bagi maknanya ialah tentang kesiapan para anak muda gadis kala telah berusia nantinya wajib siap dikala lagi terletak di atas ataupun di dasar.

“ Game dengan filosofi kehidupan di dunia, kebahagian, penderitaan 2 perihal yang wajib di lalui. Seluruh dijalani dengan ketulus iklasan,” bunyi caption akun tersebut.

Ayunan tersebut diibaratkan selaku bumi yang hendak terus berbalik, terkadang di atas tetapi pula dapat di dasar.

Buat dikenal, para wanita alias anak muda gadis di Desa Tenganan Pegringsingan ini melakukan tradisi ayunan Jantra sehabis berakhir melakukan tradisi mekare- kare ataupun perang pandan.

Rekomendasi Link Alternatif : 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours