Keir Starmer dari Partai Buruh Bakal Gantikan Rishi Sunak Jadi PM Inggris

Keir Starmer dari Partai Buruh Bakal Gantikan Rishi Sunak Jadi PM Inggris

Keir Starmer dari Partai Buruh Bakal Gantikan Rishi Sunak Jadi PM Inggris- Jakarta – Perdana Menteri( PM) Inggris, Rishi Sunak, bakal lengser dari jabatannya. Hasil exit poll Pemilu Inggris 2024 menunjukkan Partai Buruh bakal mencapai kemenangan, hingga PM Inggris berikutnya hendak digantikan oleh Keir Starmer.

Dikutip AFP, Jumat( 5/ 7/ 2024), Starmer saat ini berumur 61 tahun. Ia bakal jadi orang tertua yang jadi PM Inggris sepanjang nyaris separuh abad belum lama.

Diprediksi kokoh bersumber pada hasil exit poll di Inggris, Rishi Sunak bakal angkat kaki dari rumah No 10( begitulah istilah terkenal buat rumah dinas PM Inggris). Dilansir dari Mirror, umumnya perdana menteri menyudahi satu hari sehabis pemilu diselenggarakan. Pemilu baru saja diselenggarakan di Inggris pada Kamis( 5/ 7) waktu setempat. Kira- kira sebentar lagi, Sunak hendak lengser dari sofa PM Inggris. Ia bakal ditukar Keir Starmer.

Fans klub sepakbola Arsenal itu lahir pada 2 September 1962 dengan nama Keir Rodney Starmer, di permukiman padat pinggiran kota London. Ia dilahirkan dari bunda yang sakit- sakitan dan bapak yang tidak dekat secara emosional. Ia kerap membanggakan latar belakangnya yang berasal dari golongan orang sulit itu.

” Bila Kamu dilahirkan tanpa hak istimewa, Kamu tidak memiliki waktu buat bermain- main,” Starmer sempat mengatakan.” Kamu tidak dapat menanggulangi permasalahan tanpa memperbaikinya, serta Kamu tidak menyerah pada naluri organisasi yang tidak ingin mengalami pergantian.”

Sehabis menuntaskan riset hukum di universitas Leeds serta Oxford, Starmer alihkan perhatiannya ke gerakan kiri, membela serikat pekerja, aktivis anti- McDonald, serta membela terpidana mati di luar negara.

Ia bergaul dengan pengacara hak asasi manusia Amal Clooney semenjak mereka bersama di aplikasi hukum yang sama serta sempat menggambarkan makan siang- mabuk bareng yang ia jalani bersama ia serta suaminya, aktor Hollywood, George. Berikutnya, Keir diketahui selaku pengacara HAM serta jaksa.

Pada tahun 2003, dia mulai bergerak di politik melalui Partai Buruh, ialah partai sayap kiri- tengah di Inggris, mengejutkan kolega serta sahabatnya, awal dengan pekerjaannya yang membenarkan polisi di Irlandia Utara mematuhi undang- undang hak asasi manusia. 5 tahun setelah itu, dia dinaikan selaku direktur penuntut universal( DPP) buat Inggris serta Wales kala Gordon Brown dari Partai Buruh jadi perdana menteri.

Ia dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth II, namun tidak sering memakai panggilan” Sir” di dini namanya, serta pada tahun 2015 terpilih selaku anggota parlemen, mewakili sofa di London utara yang berhaluan kiri.

Cuma sebagian pekan saat sebelum ia terpilih, ibunya wafat sebab penyakit sendi sangat jarang yang buatnya tidak dapat berjalan sepanjang bertahun- tahun.

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *