Presiden Terpilih Meksiko Tunjuk 'Batman' Jadi Menteri Keamanan

Presiden Terpilih Meksiko Tunjuk ‘Batman’ Jadi Menteri Keamanan

Presiden Terpilih Meksiko Tunjuk Batman Jadi Menteri Keamanan- Jakarta – Presiden terpilih Meksiko, Claudia Sheinbaum, menunjuk batman selaku Menteri Keamanan Meksiko. Ia merupakan Omar Garcia Harfuch( 42), seseorang polisi yang berpengalaman serta pula sempat selamat dari serbuan penyelundup narkoba pada tahun 2020.

Dilansir AFP, Jumat( 5/ 7/ 2024), Omar sempat berprofesi selaku kepala polisi kala Sheinbaum jadi Wali Kota Meksiko periode 2018- 2023. Omar dikira berjasa kurangi tingkatan pembunuhan serta kejahatan sungguh- sungguh, sebab itu ia menemukan julukan batman.

Pada Juni 2020, Garcia Harfuch( 42) tertembak di lengan serta kaki dalam serbuan yang dituduhkan dicoba oleh Kartel Generasi Baru Jalisco( CJNG)- yang sangat kokoh di negeri tersebut. 2 pengawal serta seseorang pejalan kaki tewas dalam serbuan yang dicoba oleh 30 laki- laki bersenjata.

Negeri berpenduduk 126 juta jiwa ini sudah melihat lebih dari 450 ribu orang dibunuh semenjak pemerintahan presiden dikala itu Felipe Calderon melancarkan serbuan militer terhadap kartel narkoba pada tahun 2006.

Sehabis penunjukkannya, Garcia Harfuch berjanji hendak menguatkan keahlian intelijen serta investigasi. Tidak hanya itu, ia berjanji pendapatan polisi hendak ditingkatkan.

Ia pula menunjang rencana Sheinbaum buat menguatkan Garda Nasional- sebuah tubuh yang terdiri dari dekat 133. 000 tentara yang dibangun oleh Presiden Andres Manuel Lopez Obrador yang hendak mengakhiri masa jabatannya.

Pasukan tersebut terletak di dasar Sekretariat Keamanan, tetapi Sheinbaum berencana buat memindahkannya ke domain Angkatan Darat, suatu langkah yang awal kali diusulkan oleh Lopez Obrador yang bagi para kritikus ialah militerisasi keamanan.

Sheinbaum, yang terpilih dengan suara kebanyakan pada 2 Juni buat jadi presiden wanita awal di Meksiko, pula berjanji hendak mempertahankan pendekatan pendahulunya, ialah dekapan bukan peluru dalam menanggulangi pangkal pemicu kejahatan, semacam kemiskinan serta kesenjangan, dibanding menanggulangi kasus yang terdapat.

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *