Wasit Final Euro 2024 Sempat Bikin '3 Dosa' ke Timnas Indonesia U-23

Wasit Final Euro 2024 Sempat Bikin ‘3 Dosa’ ke Timnas Indonesia U-23

Wasit Final Euro 2024 Sempat Bikin ‘3 Dosa’ ke Timnas Indonesia U-23 Berlin – Final Euro 2024 akan dipimpin oleh Francois Letexier, wasit asal Prancis yang pernah tiga kali merugikan Timnas Indonesia U-23. Berikut adalah momennya.

Final Euro 2024 akan mempertemukan Spanyol dan Inggris di Olympiastadion, Berlin, pada 15 Juli mendatang. Letexier akan bertugas memimpin laga penting ini, dibantu oleh asisten Cyril Mugnier dan Mehdi Rahmouni, sementara wasit keempat dipercayakan kepada Szymon Marciniak.

Nama Letexier tentu tak asing bagi pecinta sepak bola Indonesia. Belum lama ini, ia sempat memimpin laga Indonesia asuhan Shin Tae-yong yang membuat penggemarnya kesal.

Insiden tersebut terjadi dalam laga playoff perebutan tiket Olimpiade 2024 Paris dua bulan lalu. Saat itu, Timnas Indonesia U-23 melawan Guinea di Clairefontaine, Prancis, pada 9 Mei 2024.

Keputusan kontroversial pertama Letexier terjadi ketika ia memberikan penalti kepada Guinea di babak pertama. Ia menganggap Witan Sulaeman melanggar Algassime Bah di dalam kotak penalti, padahal tayangan lambat menunjukkan bahwa Bah dilanggar di luar kotak. Ilaix Moriba kemudian mengonversi penalti tersebut menjadi gol.

Kontroversi kedua terjadi di babak kedua, saat Letexier menganggap Alfreanda Dewangga melakukan pelanggaran di kotak penalti terhadap Bah, meskipun Dewangga terlihat lebih dulu mengenai bola. Penalti Guinea tersebut akhirnya gagal menjadi gol, namun Indonesia tetap kalah 0-1.

Keputusan kontroversial Letexier diperparah dengan mengusir Shin Tae-yong dari lapangan. Pelatih Indonesia tersebut menerima dua kartu kuning karena protes terhadap penalti kedua dan akhirnya diusir dari laga. Usai pertandingan, Shin Tae-yong terus menyalahkan wasit karena merasa dicurangi.

Kini, Francois Letexier akan memimpin partai Final Euro 2024. Apakah ia akan membuat keputusan kontroversial dalam laga Spanyol vs Inggris di Berlin nanti?

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *