Ancaman Serbuan Balik Houthi Usai Israel Bombardir Daerah Yaman

Ancaman Serbuan Balik Houthi Usai Israel Bombardir Daerah Yaman

Ancaman Serbuan Balik Houthi Usai Israel Bombardir Daerah Yaman- Jakarta – Israel melaksanakan serbuan balasan ke daerah yang dipahami kelompok Houthi di Yaman. Serbuan yang tewaskan 3 orang itu buat Houthi geram serta mengecam Israel.

Dikutip Al- Jazeera, Pekan( 21/ 7/ 2024), 3 orang tewas dalam serbuan hawa terhadap kota pelabuhan yang terjalin satu hari sehabis serbuan drone Houhti membunuh satu orang di Tel Aviv, Israel. Militer Israel juga melaporkan mereka melaksanakan serbuan pada Sabtu( 20/ 7) terhadap kota pelabuhan Hodeidah di Laut Merah Yaman selaku asumsi atas serbuan kelompok Houthi itu.

Departemen Kesehatan, yang beroperasi di daerah Yaman yang dipahami Houthi, berkata 3 orang tewas serta 87 luka- luka, banyak antara lain hadapi cedera bakar parah akibat serbuan Israel.

Angkatan laut(AL) Masirah Televisi, yang berafiliasi dengan Houthi, berkata serbuan Israel menargetkan sarana penyimpanan minyak serta pembangkit listrik di Hodeidah. Serbuan itu juga diucap memunculkan kebakaran hebat.

Tetapi, militer Israel mengklaim mereka melanda sasaran militer di Yaman. Serbuan hawa Israel merupakan serbuan langsung awal yang dicoba Israel terhadap Houthi semenjak dimulainya perang di Gaza, Palestina. Serbuan ini terjalin di tengah meningkatnya kekhawatiran hendak meningkatnya kekerasan di Timur Tengah.

Houthi Berjanji Balas

Dewan Politik Paling tinggi Houthi berjanji hendak menjawab serbuan itu.” Agresi ini tidak hendak terjalin tanpa respons yang efisien terhadap musuh,” katanya dalam suatu statment.

Juru bicara Houthi, Mohammed Abdelsalam, berkata agresi brutal Israel terhadap Yaman bertujuan buat memencet Yaman supaya menyudahi menunjang Gaza, yang ialah mimpi yang tidak hendak jadi realitas.

Jenderal Yahya Saree, juru bicara militer Houthi, melaporkan tidak hendak ragu melanda sasaran vital di Israel. Hamas pula turut mengutuk serbuan Israel di Yaman itu.

” Negeri penjajah tidak diragukan lagi hendak dibakar oleh api yang berkobar di Hodeidah hari ini, serta meningkatnya kejahatan Zionis hendak mengganti kondisi secara totalitas,” kata anggota biro politik kelompok Hamas, Izzat al- Rishq.

Hizbullah pula menyuarakan sokongan buat Houthi serta rakyat Yaman sehabis serbuan itu.

” Kami berkomentar kalau langkah bodoh musuh Zionis ini merupakan ciri fase baru yang beresiko dalam konfrontasi di tingkatan segala kawasan,” kata kelompok Lebanon dalam suatu statment.

Asumsi Israel

Sedangkan, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menyanjung serbuan itu selaku peringatan untuk musuh- musuh Israel. Ia berkata kebakaran hebat di Hodeidah nampak di segala Timur Tengah serta akibatnya jelas.

” Houthi melanda kami lebih dari 200 kali. Awal kali mereka melukai masyarakat negeri Israel, kami melanda mereka serta kami hendak melaksanakan ini di mana juga dibutuhkan,” ucapnya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berkata pelabuhan yang dihantam jet tempur digunakan selaku pintu masuk untuk Houthi buat menerima senjata Iran. Serbuan itu merupakan pengingat untuk musuh- musuhnya kalau tidak terdapat tempat yang tidak bisa dijangkau oleh Israel.

Kelompok Houthi, yang ialah sekutu Iran, menyebut diri mereka selaku angkatan bersenjata formal Yaman. Mereka sudah menargetkan jalan pelayaran di Laut Merah dalam suatu upaya yang mereka klaim diperuntukan memencet Israel supaya mengakhiri perang di Gaza yang sudah membunuh lebih dari 38. 900 masyarakat Palestina.

Kelompok Yaman ini pula sudah meluncurkan rudal balistik serta drone ke Israel, yang sebagian besar sukses dicegat. Tetapi pada Jumat( 19/ 7) pagi, satu unit pesawat tidak berawak Houthi yang berisi bahan peledak menjauhi pertahanan hawa Israel serta menghantam suatu bangunan di Tel Aviv dalam apa yang ditatap selaku pelanggaran keamanan besar di Israel.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *