6 Update Perang Rusia-Ukraina, Putin Kirim Pasukan Baru

6 min read

 

6 Update Perang Rusia-Ukraina, Putin Kirim Pasukan Baru

Jakarta, Berita Viral Okewla Indonesia – Perang antara Rusia dan Ukraina yang pecah sejak 24 Februari 2022 masih berlangsung hingga kini. Dalam kabar terbaru, muncul misteri yang menyelimuti nasib Laksamana Viktor Sokolov.
Pasalnya Ukraina mengklaim komandan Armada Laut Hitam Rusia itu telah tewas dalam serangan rudal ke markas angkatan laut Rusia di Krimea. Namun setelah klaim ini, Rusia merilis video Sokolov yang menghadiri rapat.

Berikut update lain terkait perang Rusia-Ukraina, seperti dihimpun Berita Viral Indonesia dari berbagai sumber pada Rabu (27/9/2023).

Misteri Kematian Laksamana Sokolov

Muncul titik terang terkait nasib komandan Armada Laut Hitam Rusia, Laksamana Viktor Sokolov, yang diklaim Ukraina telah tewas dalam serangan rudal ke markas angkatan laut Rusia di Krimea.

Namun klaim Ukraina kemudian menjadi tak valid setelah Kementerian Pertahanan Rusia menerbitkan sebuah video yang menunjukkan Laksamana Sokolov terlihat menghadiri konferensi video dengan para pejabat pertahanan Rusia pada Selasa (26/9/2023).

Meski begitu, tidak diketahui apakah pertemuan tersebut benar-benar terjadi pada hari itu atau kapan video tersebut direkam. Baik pihak Sokolov maupun komandan angkatan laut tidak berbicara selama video tersebut.

Seorang analis pertahanan terkemuka Inggris mempertanyakan keaslian video Rusia tersebut. Ia mengatakan bahwa video yang diunggah terlihat aneh dan bukan merupakan bukti konklusif bahwa Sokolov masih hidup.

“Kami sudah lihat videonya, tidak terlalu jelas dan cukup banyak melompat-lompat. Kami telah menemukan orang dalam video yang paling mirip dengan Sokolov, dan mungkin dia, tapi itu bukan orang yang benar-benar cocok,” kata analis pertahanan dan keamanan Michael Clarke kepada Sky News.

Kemunculan video tersebut tentunya menempatkan Ukraina dalam posisi yang canggung karena secara langsung bertentangan dengan klaim Ukraina pada Senin, di mana serangan mereka terhadap markas Armada Laut Hitam di Sevastopol pada Jumat telah menewaskan komandan dan 33 perwira angkatan laut lainnya, melukai lebih dari 100 orang personel lain.

Ukraina tidak mengatakan bagaimana mereka menghitung jumlah korban tewas dan terluka serta tidak menyebutkan nama korban.

Setelah video tersebut muncul, Ukraina mengakui bahwa kematian Sokolov belum terkonfirmasi, dan mengatakan bahwa pihaknya masih mengklarifikasi informasi seputar serangan tersebut.

Rusia Disinyalir Bakal Kirim Pasukan Baru untuk Serang Ukraina

Sejak pertengahan September, Rusia kemungkinan besar telah mengerahkan unsur-unsur Tentara Gabungan Senjata ke-25 (25 CAA) untuk pertama kalinya di Ukraina. Hal ini disampaikan Kementerian Pertahanan Inggris melalui media sosial X atau Twitter pada Rabu.

“Formasi tersebut mulai berpindah ke Ukraina sejak akhir Agustus 2023,”kata kementerian itu.

Pejabat pertahanan Inggris mencatat bahwa unit dari dua dari 25 komponen manuver CAA, Divisi Senapan Motor ke-67 dan Brigade Senapan Motor Terpisah ke-164, dilaporkan bertempur di garis depan di sektor barat Severodonetsk dan Kreminna, di sepanjang perbatasan antara wilayah Donetsk dan Luhansk di Ukraina timur.

“Sejak awal invasi, Rusia jarang mempertahankan kelompok sebesar tentara yang berpotensi menjadi basis serangan baru yang besar,” katanya.

“Dengan 25 CAA yang tampaknya dikerahkan sedikit demi sedikit untuk memperkuat garis pertahanan yang terlalu luas, kemungkinan serangan baru Rusia yang terkoordinasi akan kecil dalam beberapa minggu mendatang.”

Menteri Pertahanan Rusia Tingkatkan Pasokan Senjata

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu pada Selasa mengumumkan rencana untuk meningkatkan pasokan senjata modern kepada tentara Rusia. Hal ini dilaporkan oleh kantor berita Rusia Interfax.

“Kami terus meningkatkan kekuatan tempur angkatan bersenjata, termasuk melalui pasokan senjata modern dan meningkatkan pelatihan pasukan, dengan mempertimbangkan pengalaman operasi militer khusus,” kata Shoigu di dewan Kementerian Pertahanan Rusia.

Shoigu mengatakan rencana tersebut dirancang untuk dilaksanakan pada tahun 2025.

“Pasukan Rusia di Distrik Militer Selatan akan menerima 5.500 unit peralatan militer modern tahun ini, dan pengerjaan lebih dari lima ratus fasilitas infrastruktur akan selesai,” katanya tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Ia juga mengatakan, sejak awal tahun, jumlah perwira di kabupaten tersebut bertambah 11.000 orang, dan personel militer dikontrak sebanyak 30.000 orang. Shoigu mengatakan pelatihan tempur dan tempat pelatihan sedang dimodernisasi.

Selain itu, Shoigu mengatakan bahwa formasi baru Pasukan Lintas Udara sedang dibentuk di Rusia dan kemampuan serangan mereka ditingkatkan.

“Kami terus membekali TNI AU dengan senjata terkini. Sejak awal tahun, formasi dan unit militer telah menerima lebih dari dua ribu peralatan dan lima setengah ribu set peralatan pendaratan dan sistem parasut.”

Shoigu mengatakan bahwa rencana tersebut akan memungkinkan Pasukan Lintas Udara meningkatkan potensi tempur mereka sebesar 1,3 kali lipat pada akhir tahun, sementara daya tembaknya akan meningkat sebesar 20%.

Kremlin Sebut Akan Lakukan Apapun untuk Menang Perang

Kremlin, melalui Sekretaris Pers Kremlin Dmitry Peskov, mengatakan kepada Berita viral International bahwa pihaknya akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk memenangkan perang di Ukraina.

Ketika ditanya secara spesifik apakah mereka akan mengeksploitasi perpecahan yang muncul antara Ukraina dan sekutu globalnya baru-baru ini, dan khususnya menjelang potensi perubahan politik menjelang pemilu di Eropa Timur dan AS, Peskov mengatakan pihaknya akan melanjutkan SVO.

SVO mengacu pada “operasi militer khusus” yang menggambarkan invasi Rusia ke Ukraina.

“Kami perlu mencapai tujuan kami. Untuk mencapai hal ini, kami akan melakukan apa pun yang diperlukan,” ujarnya.

Ukraina berusaha keras untuk menjaga agar para pendukung internasionalnya tetap dekat. Di sisi lain, ada kekhawatiran bahwa Rusia akan mencium bau darah ketika melihat sikap masyarakat terhadap perang yang berubah, dan mungkin berupaya mengeksploitasi kelemahan dan perpecahan dalam kemitraan Ukraina.

Belarusia Inginkan Damai dari Perang Ukraina

Belarus sekali lagi mengesampingkan partisipasi dalam perang di Ukraina bersama Rusia. Diplomat utamanya bersikeras bahwa solusi politik dan diplomatik adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri konflik tersebut.

Dalam wawancara dengan Associated Press, Menteri Luar Negeri Belarusia Sergei Aleynik ditanya apakah akan ada situasi di mana Belarus dapat mengambil bagian dalam perang tersebut.

“Jawaban saya adalah tidak,” kata Aleynik, menambahkan bahwa Belarus, sekutu lama Rusia, selalu mendukung perdamaian di negara tetangganya dan akan terus melakukan segala daya untuk mencapainya.

“Tidak ada yang tahu berapa lama perang akan berlangsung, namun kita semua memahami bahwa tidak ada alternatif selain solusi politik dan diplomatik untuk konflik ini,” katanya.

Aleynik mencatat bahwa Minsk telah mengadakan tiga putaran perundingan antara delegasi Rusia dan Ukraina tahun lalu dan mereka mulai mengembangkan beberapa elemen dari potensi perjanjian perdamaian.

Namun dia menyalahkan Ukraina dan negara-negara lain yang terlibat secara tidak langsung dalam konflik atas kegagalan negosiasi tersebut, dan mengatakan Belarus akan terus melakukan upaya perdamaian.

Medvedev Kunjungi Pasukan Garis Depan di Donetsk

Mantan presiden Rusia Dmitry Medvedev mengatakan dirinya telah mengunjungi pasukan di dekat garis depan di wilayah Donetsk timur Ukraina, atas perintah Presiden Vladimir Putin.

“Atas instruksi presiden, saya mengunjungi lapangan tembak di dekat garis kontak di wilayah Republik Rakyat Donetsk,” kata Medvedev, yang juga mantan perdana menteri Rusia, seperti dikutip AFP.

“Prajurit menunjukkan kualitas tempur yang luar biasa dalam hal kemauan, keteguhan, dan sikap umum terhadap kemenangan,” kata Medvedev, yang sekarang menjabat sebagai wakil ketua Dewan Keamanan Kremlin.

Dia menambahkan bahwa lebih dari 325.000 orang telah direkrut ke dalam Angkatan Bersenjata Rusia sejak awal tahun ini, naik dari angka 280.000 yang dia berikan pada awal bulan. Namun angka-angka ini tidak dapat diverifikasi secara independen.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours