Memahami Tri Hari Suci Paskah Rangkaiannya

3 min read

Memahami Tri Hari Suci Paskah Rangkaiannya- Jakarta, beritaokewla.com Indonesia- Tri Hari Suci ataupun 3 hari suci merupakan rangkaian peringatan untuk umat Katolik saat sebelum perayaan Hari Paskah. Diawali dari Kamis Putih, Jumat Agung, serta terakhir merupakan Sabtu Suci.

Ada pula, agenda penerapan Tri Hari Suci Paskah bisa dikenal lewat Kalender Liturgi. Buat tahun 2024, penerapannya diawali pada Kamis, 28 Maret 2024 sampai Sabtu, 30 Maret 2024 saat sebelum hari Paskah pada Pekan, 31 Maret 2024.

Tri Hari Suci yang mana tiap rangkaian peringatan mempunyai peristiwa serta arti tiap- tiap. Rangkaian awal diawali dengan Misa pada Kamis Putih yang setelah itu puncak peringatan terjalin pada dikala malam Paskah.

Dari tiap- tiap Tri Hari Suci rangkaian tersebut mempunyai arti peringatan yang berbeda- beda. Ikuti penjelasannya berikut ini dikutip detikcom:

1. Kamis Putih

Dalam bahasa Inggris, Kamis Putih diketahui dengan nama Maundy Thursday ataupun Holy Thursday yang berarti hari pembasuhan kaki serta perjamuan terakhir Yesus Kristus kepada murid- murid- Nya. Dilansir detikNews, perjamuan terakhir tersebut terjalin saat sebelum Yesus disalib serta dibangkitkan.

Kamis Putih ialah hari awal dari Tri Hari Suci Paskah serta dikira selaku sesuatu peristiwa yang menunjukkan Yesus sudah dekat dengan kematian- Nya. Peristiwa ini bermakna buat mengenang perjamuan kudus yang dicoba Kristus sebab dikorbankan demi dosa manusia.

2. Jumat Agung

Bersumber pada halaman Kemenag, Jumat Agung merupakan salah satu hari raya umat Kristiani. Hari tersebut mempunyai keagungannya tertentu tidak hanya selaku pengantar mengarah Paskah.

Jumat Agung jadi inti dari peringatan Paskah. Tanpa terdapatnya penderitaan dan kematian Yesus di kayu salib, hingga kebangkitan serta kemenangan di kubur tidak hendak sempat terdapat. Peringatan ini bermakna buat mengenang peristiwa penyaliban Yesus, kematian di atas kayu salib serta penguburan Yesus.

3. Sabtu Suci

Sabtu Suci ataupun diketahui pula dengan nama Holy Saturday ataupun Easter Vigil mempunyai makna Malam Paskah. Sabtu Suci merupakan hari terakhir saat sebelum peringatan Paskah ataupun kematian Yesus.

Mengutip detik. com, Sabtu Suci jadi hari di mana Yesus istirahat di dalam kubur. Perihal itu bermakna kalau Yesus sudah berakhir melakukan tugasnya buat penebusan dosa dengan pengorbanan di kayu salib.

Dalam bahasa Latin, Sabtu Suci berarti” Sabbatum Sanctum” yang berarti Hari Sabat Suci. Sebagian menyebut Sabtu Suci dengan nama Sabtu Minggu Suci, Sabtu Agung, Sabat Agung, Sabat Haleluya, serta Sabat Gembira.

Agenda Tri Hari Suci Paskah 2024

Hari Paskah tahun 2024 hendak jatuh pada Pekan, 31 Maret 2024. Ada pula agenda Tri Hari Suci Paskah bersumber pada Kalender Liturgi yang dikutip halaman Gcatholic, berikut agenda penerapan Tri Hari Suci Paskah 2024.

Kamis, 28 Maret 2024: Kamis Putih

Jumat, 29 Maret 2024: Jumat Agung

Sabtu, 30 Maret 2024: Sabtu Suci

Link Terkait :

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours