Respon Jokowi Hadapi Dolar AS Tembus Rp 16. 000

3 min read

Respon Jokowi Hadapi Dolar AS Tembus Rp 16. 000- Jakarta, berita okewla Indonesia- Presiden Joko Widodo( Jokowi) sudah mengambil langkah tegas guna mengestimasi resiko rambatan konflik di Timur Tengah yang makin memanas, imbas dari serbuan ratusan drone Iran terhadap Israel pada Sabtu kemudian( 13/ 4/ 2024).

Akibat konflik itu telah terasa di dalam negara, spesialnya di zona pasar duit. Bersumber pada informasi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate( Jisdor) Bank Indonesia, titik tengah nilai ubah rupiah terhadap dolar Amerika Serikat( AS) sudah di posisi Rp 16. 176/ US$ per hari kemarin, jadi titik terlemah awal semenjak 2020 di tingkat atas Rp 16. 000/ US$.

Langkah kilat yang diambil Presiden Jokowi yakni menggelar rapat terbatas( ratas) merespons dinamika terbaru Timur Tengah di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa( 16/ 4/ 2024). Dia mengumpulkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negara Retno Marsudi, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Menteri ESDM Arifin Tasrif, serta Gubernur BI Perry Warjiyo dalam rapat itu.

” Geopolitik di Timur Tengah bisa berakibat pada Indonesia. Ratas hari ini, kami mangulas berartinya terus melanjutkan upaya diplomasi buat menghindari ekskalasi dan melindungi kestabilan regional, kurangi akibat ekonomi global,” ungkap Jokowi di dalam unggahan Instagramnya, dilansir Rabu( 17/ 4/ 2024).

Baginya, pemerintah Indonesia sudah berbicara intensi dengan para pemimpin dunia, tercantum berartinya proteksi untuk masyarakat negeri Indonesia( WNI) di kawasan konflik.

” Bertepatan dengan itu, pemerintah juga tetap menguatkan energi saing pula energi tarik investasi jangka panjang buat Indonesia,” paparnya menggambarkan fokus rapat tersebut.

Dalam penjelasan pers sehabis ratas, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan sederet keputusan yang diambil. Di antara lain yakni komitmen Presiden Jokowi buat mendesak negara- negara yang ikut serta dalam konflik tersebut lekas menahan diri biar peperangan tidak meluas serta efeknya tidak liar ke perekonomian dunia.

” Pada prinsipnya merupakan deeskalasi maupun menahan diri merupakan satu perihal yang sangat berarti, paling utama terhadap negara- negara yang ikut serta di situ,” ucapnya.

Dalam rapat itu, Airlangga berkata, pemerintah memandang terjalin lonjakan harga minyak akibat serbuan Israel ke kedutaan Iran di Damaskus pada 1 April 2024 serta pula terhadap retaliasi yang dicoba oleh Iran. Bagi ia, Laut Merah serta Selat Hormuz itu mempunyai peranan berarti dalam perekonomian lantaran puluhan ribu kapal pengangkut minyak lewat kedua perairan itu.

” Serta kenaikan freight cost itu jadi salah satu perihal yang wajib dimitigasi,” kata Airlangga.

Pimpinan Universal Partai Kalangan Karya itu meningkatkan, secara fundamental, perekonomian Indonesia berkembang solid 5% dengan inflasi dalam rentang 2, 5% plus minus 1%. Neraca perdagangan masih surplus serta cadangan devisa masih dekat US$ 136 miliyar.

Airlangga bilang dari segi pasar keuangan, dollar index hadapi penguatan di tengah luncurkan informasi ekonomi Amerika Serikat yang menampilkan penguatan.

” Setelah itu eskalasi pasti tingkatkan ketidakpastian serta pasti yang wajib kita mitigasi merupakan beralihnya peninggalan ke safe haven dalam perihal ini dolar AS. Emas, nikel pula hadapi peningkatan,” ucap Airlangga.

Bagi ia, nilai ubah serta indeks harga saham hadapi pelemahan secara global. Tetapi, Airlangga bilang posisi Indonesia dibanding peer countries relatif masih dalam suasana nyaman.

” Serta pasti kita ingin jalani sebagian kebijakan antara lain bauran fiskal serta moneter, melindungi stabilitas nilai ubah, melindungi APBN, serta memonitor peningkatan logistik serta peningkatan harga minyak,” katanya.

Eks menteri perindustrian itu menarangkan, spesial zona riil, akibat pelemahan nilai ubah sangat mempengaruhi terhadap impor. Tetapi pasti terdapat dampak pula terhadap eksportir yang memperoleh devisa lebih banyak.

” Pasti ini plus minusnya kita wajib jaga,” ucap Airlangga.

Lebih lanjut, ia menarangkan, pemerintah terus berupaya melanjutkan reformasi struktural serta melindungi ekspektasi investor dan energi saing serta menarik investasi jangka panjang di Indonesia.

” Jadi kepastian- kepastian itu yang wajib dilindungi serta pasti nanti bermacam skenario telah dibahas, pastinya pula melindungi supaya defisit senantiasa dalam rentang yang diperbolehkan oleh undang- undang,” kata Airlangga.

Link Terkait : 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours