Hari Terakhir Kampanye, Ini Survei Terbaru Capres, 1 atau 2 Putaran?

2 min read

Hari Terakhir Kampanye, Ini Survei Terbaru Capres, 1 atau 2 Putaran?

Jakarta, Beritaokewla Indonesia – Pemilu 14 Februari tinggal hitungan hari dan para pasangan capres-cawapres akan melakukan kampanye terakhir pada hari ini, Sabtu (10/2/2024). Sejumlah lembaga survei pun telah merilis elektabilitas terkini pada capres.

Dalam berbagai survei, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih mendominasi.

Berdasarkan survei okewla Poltracking yang dilakukan pada periode 25 Januari-2 Februari 2024, Prabowo-Gibran unggul dengan angka 50,9%, disusul Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) 25,1% dan ganjar Pranowo-Mahfud MD 18,4%. Adapun 5,6% responden tidak menjawab atau tidak tahu.

Survei ini dilakukan pada 25 Januari-2 Februari 2024 dengan jumlah responden 1.220 di Indonesia. Margin of error (MoE) survei ini adalah +-2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR, mengatakan bahwa Prabowo-Gibran diprediksi bisa menang satu putaran. Namun, jika berlangsung dua putaran, Anies-Muhaimin lebih berpotensi masuk dibandingkan Ganjar-Mahfud.

“Kesimpulan yang dapat saya sampaikan posisi terakhir pilpres, kalau pilpres berlangsung dalam satu putaran kemungkinan yang akan menang adalah berdasarkan survei ini cukup konklusif yang akan menang paslon nomor 2 Prabowo-Gibran,” ujar Hanta, dikutip dari detikcom.

“Tapi kalau pilpres berlangsung dalam dua putaran maka Prabowo-Gibran adalah paslon yang paling siap masuk di putaran kedua berhadapan dengan satu kandidat yang akan lolos antara Anies Muhaimin dan Ganjar-Mahfud. Tapi diantara dua itu Anies-Muhaimin relatif lebih berpotensi ketimbang Ganjar-Mahfud meskipun terpaut tidak terlalu jauh,” tambahnya okewla.

Sementara itu, survei Lembaga Indikator Politik juga menempatkan Prabowo-Gibran di posisi pertama dengan 51,6%-54%. Direktur Indikator Burhanudin Muhtadi menjelaskan pemilu berpeluang besar hanya dilakukan satu putaran saja. okewla.

Namun, hal tersebut akan ditentukan pula oleh pihak yang belum menentukan pilihan.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours