Permasalahan Covid- 19 di Sumut Melonjak Jelang Libur Tahun Baru

2 min read

Permasalahan Covid- 19 di Sumut Melonjak Jelang Libur Tahun Baru Medan, Beritaokewla Indonesia– Jelang masa libur Natal serta Tahun Baru( Nataru) 2024, permasalahan Covid- 19 di Sumatera Utara( Sumut) terpantau terus hadapi kenaikan.

Bersumber pada informasi Dinas Kesehatan Sumut, dikala ini tercatat sebanyak 41 orang di provinsi itu yang terpapar Covid- 19.

” Lebih dahulu Covid- 19 di Sumut cuma 4 ataupun 5 permasalahan, saat ini bertambah sampai 41 permasalahan aktif. Kenaikan terjalin semenjak 2 hari terakhir,” kata Kepala Dinas Kesehatan( Kadinkes) Sumut, dokter Alwi Mujahit Hasibuan, Jumat( 22/ 12).

Alwi menarangkan buat segala penderita gejalanya hingga dikala ini masih ringan. Para pengidap melaksanakan isolasi mandiri, tetapi terdapat pula yang dirawat di rumah sakit.

” Jadi senantiasa seluruhnya melindungi diri. Jika terasa kena hendaknya cek langsung,” jelasnya.

Bagi Alwi, pengidap Covid- 19 sangat banyak ditemui di Kota Medan ialah menggapai 22 permasalahan. Setelah itu di Tebing Besar 2 permasalahan, Deliserdang 2 permasalahan, serta sisanya di kabupaten kota yang lain.

” Sangat banyak ditemui di Medan. Dari umurnya mulai 18 hingga di atas 60 tahun,” ungkap Alwi Mujahit.

Sedangkan itu, Direktur Utama RSUP H Adam Malik dokter Zainal Safri SpPD- KKV SpJP( K) berkata semenjak dini Desember grupnya telah menjaga penderita covid- 19 apalagi hingga dikala ini terdapat 13 yang dirawat.

” Pasti masuknya tidak sekalian namun satu- satu. Dikala ini kita juga terdapat menjaga 6 orang di ruangan, 5 di antara lain positif serta 1 masih suspec menunggu hasil PCR,” ucapnya.

Baginya warga telah hirau vaksin cuma saja terdapat pula yang belum lengkap semacam booster cuma 1 kali sedangkan buat imunitas lebih baik wajib 2 kali vaksin booster.

” Cocok imbauan pemerintah kemarin kita diharuskan buat sediakan vaksin serta booster kembali untuk orang yang belum lengkap. Kita telah berkoordinasi dengan Dinkes bisa jadi dalam waktu dekat hendak sediakan kembali vaksinasi di RSUP H Adam Malik semacam lebih dahulu kita hendak buka tiap hari,” ucap Alwi.

Sebaliknya keadaan para penderita Covid- 19 yang dirawat di rumah sakit kepunyaan Kemenkes RI tersebut kebanyakan mempunyai komorbid semacam diabet serta paru.

” Bila mempunyai komorbid yang banyak di suasana libur ini supaya memproteksi diri semacam memakai masker kala melaksanakan kunjungan di atmosfer ramai ataupun malah berkunjung ke luar negara. Jika memanglah vaksinnya belum lengkap kami anjurkan lekas melaksanakan vaksinasi,” terangnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours