Pesan Suara Pemilu Luar Negeri Diprediksi Sudah Tercoblos, Cak Imin: Yang Tidak Sesuai Syarat Harus Dibatalkan

2 min read

Pesan Suara Pemilu Luar Negeri Diprediksi Sudah Tercoblos, Cak Imin: Yang Tidak Sesuai Syarat Harus Dibatalkan SURABAYA, beritaokewla. com- Calon wakil presiden( cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar( Cak Imin) memberikan anggapan soal kabar pesan suara yang diprediksi telah tercoblos dikala saat sebelum waktunya disaat pelaksanaan Pemilihan Umum( Pemilu) 2024 di luar negeri.

Untuk dia, pemungutan suara harus dibatalkan apabila memanglah ada proses yang tidak sesuai syarat dan jadwal.” Ya tentu yang di luar negeri, yang tidak sesuai dengan syarat dan schedule itu harus dibatalkan.

Dan kita harus terus mengawasi proses pencoblosan yang di luar negeri yang sudah berakhir itu, sampai penghitungan tuntas,” ucap Cak Imin di Surabaya, Jawa Timur pada Senin( 12/ 2/ 2024).” Sangat utama yang masih melalui pengiriman pos,” kata dia.

Tidak cuma itu, Cak Imin mengajak segala pihak melakukan pengawasan proses pemungutan dan pasca- pemungutan suara Pemilu 2024 di dalam negeri pada Rabu, 14 Februari lusa.” Nanti bersamaan pada 14 kita pula harus turut dan mengawasi dan mendukung,” ucap dia.

Lebih dulu, kabar mengenai dugaan pesan suara tercoblos dikala saat sebelum waktu pemungutan suara di luar negeri jadi viral di media sosial.

Salah satunya yang diprediksi terjalin di Arab Saudi. Sesuatu video viral di media sosial X/ Twitter menampilkan pengakuan seorang laki- laki berkopiah di Arab Saudi yang menerima pesan suara Pilpres 2024 tercoblos pada kolom Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming. Dalam video itu, laki- laki tersebut membuka lebar- lebar pesan suaranya di luar bilik suara sembari menunjukkan kejanggalan tersebut kepada si perekam.

Tidak cuma itu, ada peristiwa dugaan pesan suara dicoblos secara tidak sah di Malaysia yang terekam dalam sesuatu video yang diunggah di akun X/ Twitter@PartaiSocmed. Dalam video terlihat aktivitas sebagian orang membongkar paket pesan suara setelah itu melakukan pencoblosan pada kolom nomor urut 3, Ganjar Pranowo- Mahfud MD, serta pesan suara pileg DPR RI pada baris nomor urut 1 PKB, Ida Fauziyah.

Atas berbagai video yang tersebar di media sosial, Komisi Pemilihan Umum( KPU RI) dan Badan Pengawas Pemilu( Bawaslu) RI sudah memberikan atensi dan berjanji buat melakukan penelusuran lebih lanjut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours