Terdapat Siklon, BMKG Ingatkan Angin Kencang- Hujan Rimbun Intai Jateng- Jatim

2 min read

Terdapat Siklon, BMKG Ingatkan Angin Kencang- Hujan Rimbun Intai Jateng- Jatim Jakarta, Beritaokewla.com Indonesia- Badan Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika( BMKG) menghasilkan peringatan dini cuaca ekstrem yang hendak menyerang beberapa daerah di Indonesia pada Sabtu( 24/ 2).

BMKG mengenali cuaca ekstrem di sebagian daerah Indonesia yang hendak hujan dengan keseriusan lagi sampai rimbun diiringi petir serta angin kencang.

Kemampuan ini terprediksi terjalin di sebagian daerah Jawa Tengah serta Jawa Timur dalam rentang waktu antara siang sampai malam serta dini hari( bisa terjalin pada skala lokal serta durasi pendek).

Ada pula cuaca ekstrem itu diakibatkan oleh ex- Siklon Tropis Lincoln yang terpantau di Samudra Hindia Selatan NTT sehingga membentuk wilayah pertemuan angin( konfluensi) memanjang di Nusa Tenggara serta Laut Flores, dan menginduksi kenaikan kecepatan angin lebih 30 knot di Samudra Hindia selatan Bali.

Wilayah konfluensi pula terpantau di Laut Jawa, Laut Flores, Selat Makassar, serta Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara.

” Sobat BMKG, Ex- TC Lincoln terpantau di Samudra Hindia bagian tenggara, selatan Bali dengan kecepatan angin maksimum 30 knot serta tekanan hawa minimum 997 hPa bergerak ke arah barat energi,” demikian tulis penjelasan BMKG.

Prakiraan Cuaca BMKG di Daerah Indonesia hari ini, Sabtu( 24 Februari 2024):

Catatan daerah yang berpotensi hujan rimbun yang bisa diiringi kilat/ petir serta angin kencang:

– Aceh

– Sumatra Utara

– Sumatra Barat

– Riau

– Bengkulu

– Jambi

– Sumatera Selatan

– Kepulauan Bangka Belitung

– Lampung

– Banten

– DKI Jakarta

– Jawa Tengah

– DI Yogyakarta

– Jawa Timur

– Bali

– Nusa Tenggara Barat

– Nusa Tenggara Timur

– Kalimantan Barat

– Kalimantan Tengah

– Kalimantan Utara

– Kalimantan Timur

– Kalimantan Selatan

– Sulawesi Tengah

– Sulawesi Barat

– Sulawesi Selatan

– Sulawesi Tenggara

– Maluku

– Papua Barat

– Papua.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours