Bawean Dilanda Gempa Tektonik Magnitudo 4, 1 Bersumber dari Tuban

2 min read

Bawean Dilanda Gempa Tektonik Magnitudo 4, 1 Bersumber dari Tuban-Jakarta, beritaokewla.com Indonesia- Bawean, Jawa Tengah, dilanda gempa tektonik pada sore hari ini, jam 17: 51 Wib, Kamis( 4/ 4/ 2024). Gempa ini mempunyai parameter 4, 1 magnitudo.

Kepala Stasiun Geofisika Sleman Setyoajie Prayoedhie berkata episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5. 68 LS, 112. 41 BT, ataupun tepatnya berlokasi di Laut pada 141 kilometer Timur Laut Tuban- Jatim pada kedalaman 10 kilometer.

” Dengan mencermati posisi episenter serta kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjalin ialah tipe gempa bumi dangkal akibat kegiatan sesar aktif di Laut Jawa,” kata Setyoajie, dalam statment resminya, Kamis( 4/ 4/ 2024).

Bersumber pada hasil pemodelan peta guncangan( shakemap), gempabumi ini dialami di Bawean dengan skala keseriusan IIIMMI( Apabila siang hari dialami oleh orang banyakdidalam rumah). Sampai dikala ini belum terdapat laporan akibat kehancuran yang ditimbulkan akibatgempabumi tersebut. Hasil pemodelan menampilkan kalau gempa bumi ini Tidak Berpotensi Tsunami.

Setyoajie menegaskan gempa bumi ini ialah bagian rangkaian gempa bumi Laut Jawa M6, 0 yang terjalin pada hari Jumat jam 11: 22: 45 Wib.

” Sampai hari Kamis 04 April 2024 jam 18. 45 Wib, hasil monitoring BMKG menampilkan terdapatnya 478 kegiatan gempa bumi,” paparnya.

BMKG mengimbau warga supaya senantiasa tenang serta tidak terbawa- bawa oleh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Supaya menjauhi dari bangunan yang retak ataupun rusak disebabkan oleh gempa.

” Cek serta yakinkan bangunan tempat tinggal kamu lumayan tahan gempa, maupun tidak terdapat kehancuran akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan saat sebelum kamu kembali ke dalam rumah,” tegasnya.

Link Terkait :

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours